Hindari Benda Ini untuk Membersihkan Layar Ponsel

    Cahyandaru Kuncorojati - 30 April 2019 11:12 WIB
    Hindari Benda Ini untuk Membersihkan Layar Ponsel
    Membersihkan layar ponsel. (CNET)
    Jakarta: Sebagai perangkat yang paling sering digunakan setiap hari, tidak heran apabila ponsel pintar Anda cepat sekali kotor. Tentu saja hal ini membuat Anda selalu ingin membersihkannya, terutama di bagian layar.

    Mengapa membersihkan bagian layar penting untuk dibersihkan? Bagian ini selalu disentuh dengan jemari Anda yang belum tentu bersih. Ditambah, wajah Anda juga akan bersentuhan saat menerima panggilan telepon. Jadi kuman atau bakteri dari jemari bisa berpindah ke wajah Anda.

    Perlu diketahui bahwa tidak semua benda atau alat dan bahan bisa digunakan untuk membersihkan layar ponsel. Bukannya menghilangkan kotoran malah sebagian bisa berakibat merusak ponsel kesayangan Anda termasuk berbahaya bagi diri Anda sendiri.

    Dikutip dari CNET, ada beberapa benda dan bahan yang harus dihindari untuk membersihkan layar ponsel. Anda bisa jadikan tips ini sebagai panduan dan membagikannya.

    1. Tisu jenis kertas
    Tisu mungkin alat untuk membersihkan segala macam kotoran dengan mudah, tetapi ada beberapa jenis tisu yang memiliki tekstur kasar. Disebutkan bahwa jenis tisu gulung seperti yang digunakan di dapur maupun toiler bisa membuat goresan kecil yang mempertipis lapisan pelindung layar.

    2. Cairan pembersih jendela
    Window cleaner atau cairan pembersih jendela memang biasa digunakan untuk membersihkan material kaca jendela. Harus dipahami bahwa lapisan kaca tersebut tidak sama dengan material layar ponsel Anda.

    Bahan kimia dari cairan pembersih jendela juga bisa mengikis lapisan yang melindungi layar ponsel. Apalagi akan semakin buruk saat cairan tersebut juga dibersihkan dengan material kasar di layar ponsel Anda.

    3. Pembersih riasan wajah
    Pembersih riasan di wajah mungkin terdengar aman. Alasannya bahan kimia ini memang dibuat aman tanpa efek samping terhadap kulit manusia. Padahal di cairan yang digunakan tetap mengandung bahan kimia. Bahan kimia tersebut justru bisa merusak komponen eletrik di balik layar

    4. Tisu Desinfektan
    Selama ini Anda mungkin hanya menjumpai tisu desinfektan di rumah sakit. Produk ini dikenal juga sebagai alcohol swab, tampilannya berupa tisu basah yang diusapkan ke kulit sebelum disuntikan jarum pada proses pengambilan darah atau pemasangan alat infus.

    Kandungan alokohol atau kima sejenis bisa berakibat perubahan senyawa lapisan coating di layar ponsel. Hal ini akan berdampak buruk pada layar ponsel dengan coating jenis Oleophobic. Dampak lainnya adalah efek coating water-repellent atau anti resapan air di layar juga bisa memudar dan hilang.

    Bagaimana cara membersihkan layar ponsel yang aman? Dari beberapa sumber yang dikumpulkan, cara sederhana dan mudah adalah menggunakan air biasa yang dibasahkan ke layar ponsel menggunakan kain dengan tekstur halus.

    Misalnya kain microsfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Tujuannya memang sama, menghindari goresan pada panel kaca atau layar ponsel. Air yang digunakan tidak boleh banyak tapi sedikit sehingga membuat kain sedikit basah dan tidak meninggalkan titik air di atas layar ponsel.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id