Tips & Trik

    10 Cara Bikin Koneksi WiFi Lebih Kencang

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 September 2020 10:59 WIB
    10 Cara Bikin Koneksi WiFi Lebih Kencang
    Ilustrasi.
    Jakarta: Apabila Anda kerap mengeluhkan kualitas koneksi WiFi yang lambat kemungkinan ada sebuah masalah yang terdari pada sambungan WiFi menuju perangkat yang digunakan, mulai dari posisi router yang terkendala banyak penghalang sinyal sehingga sinyal yang lemah atau memang faktor teknloginya.

    Hal ini tentu sangat menyebalkan mengingat kualitas internet dari koneksi WiFi biasanya selalu lebih baik dari koneksi internet seluler karena koneksi yang disediakan berasal dari jaringan fiber yang lebih kencang dan stabil.

    Berikut beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kualitas sekaligus kecepatan koneksi WiFi yang sudah Medcom.id kumpulkan.
     

    1. Pilih tempat sinyal WiFi yang kuat

    Permasalah paling sederhana adalah posisi kita dan laptop atau smartphone yang terhubung WiFi menerima sinyal yang lemah. Hal ini bisa dilihat dari indikator WiFi di perangkat yang digunakan. Anda bisa mencoba bergeser atau berpindah ke lokasi yang menunjukan kekuatan sinyal WiFi penuh.
     

    2. Cari koneksi WiFi yang benar-benar cepat

    Di tempat umum biasanya disediakan lebih dari satu koneksi WiFi yang didukung oleh beberapa Access Point, biasanya nama WiFi akan dibedakan berdasarkan angka.

    Kemungkinan koneksi WiFi yang lambat tersebut diakibatkan banyak pengguna lain yang terhubung ke access point itu. Maka pilih koneksi WiFi yang lain yang terdeteksi di perangkat.
     

    3. Gunakan software analisis WiFi

    Cara ini bisa dilakukaan saat berada di tempat umum yang menyediakan banyak koneksi WiFi gratis. Misanya mengetahui sumber koneksi WiFi dengan kualitas terbaik.

    Bagi pengguna WiFi dari router sendiri atau di rumah, aplikasi WiFi Analyzer bisa membantu melakukan konfigurasi kanal atau jaringan router di rumah agar tidak bertubrukan dengan banyaknya sinyal WiFi dari router di rumah yang lain.
     

    Halaman Selanjutnya
    4. Ubah posisi router Mengubah…
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id