Tips & Trik

    10 Cara Bikin Koneksi WiFi Lebih Kencang

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 September 2020 10:59 WIB
    10 Cara Bikin Koneksi WiFi Lebih Kencang
    Ilustrasi.
    Jakarta: Apabila Anda kerap mengeluhkan kualitas koneksi WiFi yang lambat kemungkinan ada sebuah masalah yang terdari pada sambungan WiFi menuju perangkat yang digunakan, mulai dari posisi router yang terkendala banyak penghalang sinyal sehingga sinyal yang lemah atau memang faktor teknloginya.

    Hal ini tentu sangat menyebalkan mengingat kualitas internet dari koneksi WiFi biasanya selalu lebih baik dari koneksi internet seluler karena koneksi yang disediakan berasal dari jaringan fiber yang lebih kencang dan stabil.

    Berikut beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kualitas sekaligus kecepatan koneksi WiFi yang sudah Medcom.id kumpulkan.
     

    1. Pilih tempat sinyal WiFi yang kuat

    Permasalah paling sederhana adalah posisi kita dan laptop atau smartphone yang terhubung WiFi menerima sinyal yang lemah. Hal ini bisa dilihat dari indikator WiFi di perangkat yang digunakan. Anda bisa mencoba bergeser atau berpindah ke lokasi yang menunjukan kekuatan sinyal WiFi penuh.
     

    2. Cari koneksi WiFi yang benar-benar cepat

    Di tempat umum biasanya disediakan lebih dari satu koneksi WiFi yang didukung oleh beberapa Access Point, biasanya nama WiFi akan dibedakan berdasarkan angka.

    Kemungkinan koneksi WiFi yang lambat tersebut diakibatkan banyak pengguna lain yang terhubung ke access point itu. Maka pilih koneksi WiFi yang lain yang terdeteksi di perangkat.
     

    3. Gunakan software analisis WiFi

    Cara ini bisa dilakukaan saat berada di tempat umum yang menyediakan banyak koneksi WiFi gratis. Misanya mengetahui sumber koneksi WiFi dengan kualitas terbaik.

    Bagi pengguna WiFi dari router sendiri atau di rumah, aplikasi WiFi Analyzer bisa membantu melakukan konfigurasi kanal atau jaringan router di rumah agar tidak bertubrukan dengan banyaknya sinyal WiFi dari router di rumah yang lain.
     
     

    4. Ubah posisi router

    Mengubah posisi antena router sebetulnya tidak terlalu signifikan karena tidak ada indikator apakah kualitas sinyal WiFi benar-benar berpengaruh. Hal yang lebih berpengaruh adalah memindahkan posisi router agar sinyal tidak terhalang oleh beragam benda.

    Misalnya, apabila Anda memiliki rumah dua lantai tapi hanya menggunakan satu router sebaiknya posisikan router berada di tengah-tengah misalnya di dekat tangga yang menjadi penghubung ruangan.
     

    5. Periksa kecepatan dari penyedia internet

    Kualitas WiFi yang buruk belum tentu berasal dari perangkat yang Anda gunakan atau router. Di banyak kesempatan provider atau penyedia WiFi yang Anda langgan kadang memiliki kualitas koneksi buruk akibat cuasa atau masalah teknis.

    Hal ini bisa diketahui dengan menyampaikan laporan lewat media sosial atau memantau keluhan serupa dari pelanggan yang lain.
     

    6. Batasi perangkat atau koneksi yang terhubung ke WiFi

    Apabila Anda memiliki kendali penuh ke router biasanya tersedia fitur untuk memantau trafik internet yang berlangsung. Coba batasi jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi meskipun hal ini mungkin akan mengganggu pengguna lain di rumah.
     

    7. Ubah prioritas koneksi WiFi di router

    Di router saat ini tersedia fitur bernala QoS atau Quality of Service. Fitur ini menyediakan urutan prioritas kegiatan internet. Misalnya, apabila Anda ingin melakukan streaming maka pasang jenis kegiatan ini sebagai prioritas utama.

    Jadi koneksi internet akan dipecah oleh router dan dialokasikan untuk kegiatan streaming. Apabila Anda lebih membutuhkan internet cepat untuk kegiatan bekerja maka lakukan hal yang sama.
     
     

    8. Gunakan perangkat wireless range extender atau repeater

    Apabila Anda memiliki anggaran terbatas tapi memadai maka disarankan untuk membeli wireless range extender atau repeater untuk memperluas jangkauan dan memperkuat sinyal WiFi.
     

    9. Ketahui teknologi WiFi terbaru

    Perangkat yang menyediakan atau bisa terhubung ke WiFi memiliki standar teknologi WiFi yang umum digunakan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan WiFi yang disebarkan atau diterima.

    Teknologi standar WiFi terbaru yang ada di pasar saat ini adalah WiFi 6 atau 802.11ax yang biasa tertera di spesifikasi router atau laptop. WiFi 6 bisa menyediakan kapasitas kecepatan internet hingga 9,6Gbps yang dipecah sesuai kebutuhan tiap perangkat.
     

    10. Ganti router atau laptop Anda

    Pada akhirnya apabila kualitas koneksi internet atau WiFi dari penyedia layanan sudah kencang tapi lambat maka satu-satunya cara adalah mengganti router atau laptop Anda dengan spesifikasi terbaru.

    Kemungkinan internet atau WiFi yang lambat diakibatkan terjadinya bottleneck, yaitu router atau laptop tidak kompatibel dengan internet cepat yang mungkin sudah menggunakan standar WiFi 6.

    (MMI)
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id