comscore

6 Cara Agar WiFi Tidak Dibobol Orang Lain Versi Bareskrim Polri

Cindy - 21 Desember 2021 18:07 WIB
6 Cara Agar WiFi Tidak Dibobol Orang Lain Versi Bareskrim Polri
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Apakah Anda pernah merasa jaringan internet WiFi di rumah menjadi lambat tiba-tiba? Kalau iya, mungkin saja hal itu disebabkan orang lain yang juga mengakses WiFi rumah Anda. 

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareksim Polri lewat Instagram @ccicpolri menuturkan, pembobolan WiFi bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lambat bahkan kuota jadi cepat habis. Oleh karena itu, ada beberapa cara sederhana agar WiFi tidak dibobol orang lain.
"Segera cek secara berkala, jangan sampai selama ini jaringan kamu lemot gara-gara dicuri oleh orang lain," tulis akun Instagram resmi @ccicpolri, dikutip Selasa, 21 Desember 2021.  

Cara agar koneksi wifi kamu tidak dibobol orang lain. Instagram @ccicpolri
Cara agar koneksi wifi kamu tidak dibobol orang lain. Instagram @ccicpolri.

Cara agar WiFi tidak dibobol orang lain

1. Masuk ke halaman pengaturan router

Masuklah ke halaman pengaturan router WiFi Anda melalui browser. Setiap vendor perusahaan jaringan WiFi memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk laman pengaturan router. Misalnya, WiFi merek TP-Link dapat masuk lewat laman tplinkWiFi.net. 

Pengguna dapat masuk halaman pengaturan router WiFi secara otomatis. Pengguna tinggal memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang dipakai. Jika tidak pernah masuk pengaturan router, maka username dan password bawaan (default) adalah admin. 

2. Pasang password yang unik

Setelah masuk pada halaman utama pengaturan router WiFi, Anda dapat segera mengganti password WiFi. Kombinasikan password antara angka, huruf, dan karakter. Minimal 8 karakter dengan perpaduan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Password yang unik akan sulit untuk diretas orang lain. 

Baca: Menjajal Teknologi Electronic Nerve Stimulator Omron HV-F013

3. Gunakan teknologi password terbaru dengan WPA2

Cara lainnya agar WiFi tidak dibobol maling adalah dengan menerapkan beberapa metode enkripsi. Enkripsi standar untuk wifi yang aman adalah WiFi Protected Access II (WPA2). 

Jika WPA2 diaktifkan, maka pengguna dapat menggunakan username dan password unik untuk setiap pengguna WiFi di rumah. Biasanya metode ini digunakan perusahaan-perusahaan besar. 

4. Matikan fitur WPS pada pengaturan wireless router

WiFi Protected Setup (WPS) merupakan cara alternatif untuk tersambung pada WiFi tanpa menggunakan password. Jadi, sekuat apapun password yang Anda gunakan, tetap saja bisa dibobol apabila fitur WPS ini masih aktif. Tidak hanya itu, ada beberapa software yang bisa membaca pin WPS, lho. 

5. Ubah nama SSID jaringan

Service Set Identifier (SSID) merupakan sebutan untuk nama jaringan WiFi yang digunakan. Mengubah nama SSID bisa menjadi alternatif lain agar WiFi tidak dibobol orang. Ini juga cara untuk mengetahui kalau ada orang lain yang tersambung ke WiFi Anda. 

6. Filter alamat MAC

Cara ampuh selanjutnya agar WiFi tidak dibobol yakni menyaring alamat Media Access Control (MAC). Setiap perangkat tentu memiliki alamat MAC yang berbeda-beda. Alamat MAC yang didaftarkan pada MAC address di laman pengaturan router Anda akan sangat bermanfaat, lho. Perangkat yang tidak terdaftar di router Anda tidak akan bisa tersambung dengan WiFi. 

Baca: Kominfo Targetkan 83.548 Desa di Wilayah 3T Terkoneksi 4G pada 2022

(CIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id