Tips & Trik

    Begini Cara Periksa Penerima Vaksin Covid-19 di Pedulilindungi.id

    Lufthi Anggraeni - 13 Januari 2021 11:20 WIB
    Begini Cara Periksa Penerima Vaksin Covid-19 di Pedulilindungi.id
    Begini cara memeriksa status penerimaan vaksin covid-19.
    Jakarta: Pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat pada tanggal 13 Januari 2021 ini. Untuk pelaksanaan vaksinasi ini, pemerintah juga telah mengirimkan SMS kepada sejumlah penerima vaksin.

    Vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan dalam beberapa gelombang, dengan gelombang pertama dilakukan dari bulan Januari hingga April 2021 mendatang. Vaksinasi yang digunakan pada pelaksanaan ini adalah vaksin Sinovac dan akan diberikan kepada masyarakat dengan usia 19 tahun hingga 56 tahun.

    Namun pada gelombang pertama, vaksin baru akan diberikan kepada tenaga layanan kesehatan dan pejabat pelayan publik dengan risiko tertular Covid-19 tinggi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan cara memeriksa penerima vaksin Covid-19.

    Penerima vaksin akan menerima pemberitahuan via SMS Blast dari pengirim dengan ID PEDULICOVID. Selanjutnya, penerima vaksin perlu melakukan registrasi ulang dengan mengirim SMS ke 1199 atau mengetik UMB *119*#.

    Registrasi juga dapat dilakukan via aplikasi PeduliLindungi atau situs https://pedulilindungi.id, serta melalui Babinsa atau Babinkamtibmas setempat. Selanjutnya, Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada penerima vaksin yang telah terverifikasi.

    Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Pedulilindungi kepada sasaran. Selain cara ini, masyarakat juga dapat memeriksa status penerimaan vaksin Covid-19 dengan cara lain.

    Cara lainnya yaitu dengan mengakses situs pedulilindungi.id/cek-nik, kemudian memasukan data berupa nomor NIK di kolom yang tersedia serta memasukan kode yang tertera di layar. Lalu klik selanjutnya, kemudian layar akan menunjukkan hasil soal NIK terdaftar atau tidak.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id