Tips & Trik

    Fitur WiFi di Laptop Hilang, Begini Cara Memperbaikinya

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Juni 2021 21:29 WIB
    Fitur WiFi di Laptop Hilang, Begini Cara Memperbaikinya
    Tidak cuma ikon tapi fitur untuk menyambung ke WiFi juga hilang.



    Jakarta: Pengguna laptop mungkin pernah mengalami koneksi WiFi di laptop hilang, bukan cuma ikon WiFi di sudut kiri layar tapi juga fitur untuk menyambung WiFi di bagian Settings atau Control Panel. Hal ini tentu membuat pusing karena laptop sama sekali tidak bisa mendeteksi bahkana menyambung WiFi.

    Kondisi ini semakin pusing apabila laptop yang digunakan adalah jenis laptop tipis yang tidak memiliki lubang port RJ45 untuk kabel internet LAN atau ethernet. Apa yang menyebabkan WiFi di laptop menghilang?

     



    Penyebab kondisi ini yang paling sering dialami pengguna laptop adalah akibat adanya masalah pada update Windows 10. Update yang diberikan kadang berisi bug yang membuat masalah pada laptop, salah satunya WiFi yang hilang. Kondisi ini juga bisa dipastikan apabila menu WiFi di bagian Network dan Internet ikut hilang.

    Meskipun begitu jika Anda mengecek bagian Device Manager di sini bisa ditemukan bahwa driver dari adapter atau modul WiFi masih tersedia. Apabila masih ada maka proses perbaikannya mudah dan bisa dilakukan sendiri. 

    Berikut ini Medcom.id memberikan langkah untuk mengembalikan WiFi yang hilang di laptop.

    1.Di kolom pencarian sebelah logo Start ketik Device Manager

    2. Di hasil pencarian paling atas pilih Device Manager yang lokasinya juga bisa ditemukan di Settings atau Control Panel.

    3. Pada tabel Device Manager akan muncul beragam komponen dari laptop. Klik ikon tanda > yang berada di tulisan Network Adapters

    4. Selanjutnya akan muncul beberapa komponen, pilih nama dari modul WiFi, misalnya Intel Wi-Fi 6 AX200 160 MHz atau sejenisnya meskipun berbeda nama mereknya, misalnya Qualcomm.

    5. Di bagian tadi klik kanan sehingga muncul pilihan lain, Disable Device dan tunggu beberapa saat dan pilih Enable Device. 

    6. Apabila masih tidak muncul lakukan langkah yang serupa dengan memilih Uninstall Device kemudian lanjutkan dengan melakukan Restart pada laptop. Saat laptop menyala biasanya komponen ini sudah otomatis terpasang kembali dan fitur WiFi ikut muncul di bagian Start.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id