Tips & Trik

    Gerhana Matahari Cincin Berlangsung Pagi Ini, Begini Cara Menyaksikannya

    Cahyandaru Kuncorojati - 26 Desember 2019 09:25 WIB
    Gerhana Matahari Cincin Berlangsung Pagi Ini, Begini Cara Menyaksikannya
    Jadwal fenomena alam Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)
    Jakarta: Sesuai laporan sebelumnya, pada tanggal 26 Desember 2019 kawasan Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin.

    Beberapa bagian akan bisa menyaksikan fenomena tersebut sementara ada juga yang bisa mendapatkan Gerhama Matahari Cincin Sebagian. Kawasan di Pulau Kalimantan akan menjadi lokasi yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin utuh.

    Berikut ini Medcom.id sudah merangkum beberapa tips dan trik untuk menyaksikan fenomena alam ini dengan aman.

    1. Ketahui waktu fenomena alam di tiap lokasi
    Dirangkum dari data Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa fenomena alam Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Cincin Sebagian bisa disaksikan mulai pukul 10.00 waktu setempat.

    Kisaran waktu ini berlaku untuk kawasan Pulau Sumatera mulai dari Aceh hingga Pulau Sulawei. Selisih waktunya tidak akan lama. Anda bisa menemukan informasi ini dari media sosial lembaga BMKG maupun LAPAN.

    2. Lakukan pengamatan bersama
    Laporan Medcom.id minggu lalu menyebutkan bahwa lembaga Obsercatorium Bosscha dan LAPAN akan menggelar kegiatan pengamatan di beberapa lokasi. Anda bisa ikut serta dalam kegiatan terbuka untuk umum yang digagas oleh kedua lembaga.

    Lembaga Observatorium Bosscha akan melakukan pengamatan di Lapangan Sinapeul, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Satu lokasi lagi ada di Taman Gonggong, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

    Lembaga LAPAN menggelar lokasi pengamatan di Lapangan Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Satu lagi di Masjid Raya Kota Singkawang dan Vihara Tengah Kota, Singkawang, Kalimantan Barat.

    Laporan dari berbagai sumber menjelaskan bahwa di tiap lokasi pengamatan sudah disiapkan acara hiburan dan festival yang digagas oleh pemerintah setempat.

    Kota Jakarta termasuk beberapa kawasan yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Sebagian juga menggelar kegiatan pengamatan bersama. Misalnya di Plaza Teater Jakarta, Pusat Kesenian Taman Ismail Marzuki.

    3. Perlengkapan melihat Gerhana Matahari Cincin
    Masih sama tiap tahun bahwa fenomena alam ini harus disaksikan dengan alat bantu. Masyarakat diimbau untuk tidak melihatnya langsung dengan mata mereka karena memiliki efek bahaya bagi kesehatan organ penglihatan manusia.a

    Gunakan alat bantu yang dilengkapi dengan filter khusus, baik di kacamata maupun lensa teropong atau kamera. Fungsinya untuk bisa menyaring intensitas cahaya dari Gerhana Matahari Cincin yang diterima bagian retina mata manusia.

    Biasanya di setiap lokasi kegiatan pengamatan fenomena alam ini akan banyak pihak yang menyediakan perlengkapan sederhana untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id