Begini Cara Hapus Data Pengguna di FaceApp

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 Juli 2019 10:04 WIB
    Begini Cara Hapus Data Pengguna di FaceApp
    Aplikasi FaceApp.
    Jakarta: Sempat dua kali menjadi fenomenal, aplikasi FaceApp tetap masih diserang pertanyaan mengenai privasi data penggunanya, ditambah anggapan diam-diam menyusupi akses smartphone.

    Dalam pernyataan terbaru, pihak FaceApp menyatakan akan menyediakan fitur untuk permintaan pengguna menghapus data yang sudah diakses ke sistem FaceApp. Cara ini dilihat sebagai bentuk sikap tegas atas tuduhan yang diterima FaceApp.

    Dikutip dari Tech Crunch, klarifikasi FaceApp  menyatakan hahwa mereka menerima permintaan pengguna yang ingin agar data terkait pengguna dihapusnya dari server FaceApp.

    Namun, Face App menyatakan bahwa saat ini sistem mereka sedang mengalami overload atau kelebihan beban kerja. Hal ini dimungkinkan karena banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini dan yang mengajukan permintaan penghapusan data pengguna.

    Dari langkah yang diberikan FaceApp, Medcom.id menemukan bahwa fitur permintaan penghapusan data pengguna saat ini masih bersifat sementara. Pigak FaceApp sendiri menyatakan akan mengembangkannya segera dengan fitur lebih baik.

    Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan, dikutip dari The Next Web:

    1. Masuk ke Pengaturan di FaceApp
    Setelah Anda masuk ke aplikasi FaceApp, pilih ikon berupa gear di pojok kanan atas. Ikon ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan atau Settings.

    2. Pilih menu Support atau Dukungan
    Di dalam halaman Settings akan tersedia banyak menu pengaturan terkait aplikasi FaceApp. Di bagian bahwa akan tersedia menu Support, pilih men tersebut. Kemudian lanjutkan pilih Report Bug.

    Begini Cara Hapus Data Pengguna di FaceApp

    Di smarpthone Android, menu Support tidak tersedia, tapi pengguna bisa langsung memilih menu Report Bug yang tersedia. Nantinya akan ditampilkan halaman untuk menuliskan keluhan.

    3. Tulis Privasy sebagai judul keluhan
    Dikutip dari The Next Web, menurut pihak FaceApp di halaman ini Anda bisa mengajukan permintaan penghapusan data pengguna di server FaceApp.

    Dijelaskan bahwa Anda harus menulis Privacy di judul keluhan, kemudian di bagian deskripsi tuliskan permintaan Anda untuk menghapus data pengguna atau request data removal.

    Pihak FaceApp menyatakan akan segera merespons. Tim FaceApp akan segera menyiapkan fitur khusus untuk mengajukan permintaan penghapusan data pengguna. Diduga fitur ini mungkin akan serupa seperti di Facebook atau Instagram yang menyediakan permintaan untuk mengunduh data pengguna yang mereka simpan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id