Tips & Trik

    Cara Agar Laptop Bersih dari Kuman dan Virus

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Maret 2020 08:11 WIB
    Cara Agar Laptop Bersih dari Kuman dan Virus
    Ilustrasi.
    Jakarta: Cara paling mudah untuk terhindar dari virus Korona (Covid-19) adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Misalnya, membersihkan benda yang kita gunakan terutama yang sering kita pegang.

    Beberapa waktu lalu Medcom.id sudah memberikan tips membersihkan layar ponsel. Ada satu lagi perangkat yang kerap kita gunakan di manapun dan kapanpun yaitu laptop. Penting sekali untuk membersihkan laptop terutama bagian keyboard.

    Alasannya karena keyboard selalu bersentuhan dengan jemari tangan sementara bagian tubuh ini juga digunakan untuk beragam kegiatan termasuk untuk menyentuh bagian tubuh yang lain.

    Berikut ini Medcom.id sudah merangkum beberapa panduan dikutip dari The New York Times.

    1. Siapkan alat pembersih
    Membersihkan laptop sama seperti membersihkan smartphone. Gunakan material pembersih yang aman bagi perangkat elektronik. Pertama, untuk kain pembersih diimbau untuk menggunakan kain microfiber. Permukaan kain ini punya tekstur yang halus sehingga tidak akan menggores layar laptop.

    Gunakan juga kapas untuk atau cotton bud yang akan digunakan untuk membersihkan bagian keycap atau sela-sela tombol keyboard. Di luar juga tersedia set alat pembersih laptop yang di dalamnya tersedia alat peniup debu sederhana yang bisa digunakan pada bagian yang sulit dijangkau.

    Cairan pembersih yang bisa digunakan bisa air yang dicampur alkohol jenis isopropyl kadar 90 persen. Cairan ini dinilai cukup aman untuk permukaan perangkat elektronik.

    2. Nonaktifkan laptop dan mulai membersihkannya
    Pastikan laptop tidak terhubung ke listrik dan dalam keadaan menyala. Proses pembersihan laptop dilakukan di bagian luar. Apabila Anda ingin membersihkan bagian dalam seperti kipas laptop diimbau dilakukan oleh profesional.

    Beberapa jasa service laptop juga menyediakan layanan maintenance seperti membersihkan bagian dalam laptop. Kini proses membersihkan laptop kita mulai.

    Hal yang harus diingat adalah jangan menyemprotkan langsung cairan pembersih ke permukaan atau bagian laptop. Cara ini bisa menghindari cairan tersebut masuk ke bagian dalam laptop melalui celah kecil yang ada dan bisa berakibat korsleting.

    Jadi basahkan kain atau alat pembersih tadi dengan cairan secukupnya. Pertimbangkan langkah pembersihan laptop yang baik, apakah dengan cara kering atau basah.

    3. Membersihkan layar laptop
    Apabila bagian layar memiliki cukup banyak debu bisa lebih dulu menggunakan lap yang kering atau kuas. Jangan langsung dilap menggunakan kain basah yang mungkin hanya akan membuat debu berpindah tempat.

    Menyemprotkan cairan ke permukaan layar yang masih berdebu juga bisa membuat debu masuk bersama cairan ke celah yang ada di pinggir layar laptop.

    Saat proses membersihkan kering dan basah sudah dilakukan, segera keringkan permukaan layar laptop dengan kain microfiber yang kering dan bersih. Hal ini mencegah ada bekas titik air atau embun yang mengering di permukaan layar laptop.

    Pastikan Anda tidak menyalakan laptop selama layar belum benar-benar kering.

    4. Membersihkan bagian keyboard dan permukaan bodi laptop
    Membersihkan dua bagian ini masih sama seperti membersihkan layar laptop. Lakukan cara kering kemudian cara basah. Jangan terlalu memaksakan untuk membersihkan celah di tombol keyboard.

    Hal tersebut bisa membuat keyboard rusak atau switch yang ada di bawah tombol menjadi longgar sehingga rentan tidak nyaman digunakan. Proses pengeringannya pastikan terlebih dahulu menggunakan kain lap yang kering dan kemudian boleh ditiupkan angin.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id