Kapan Pakai Kamera Wide Angle di Smartphone?

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Agustus 2019 11:16 WIB
    Kapan Pakai Kamera Wide Angle di Smartphone?
    Ilustrasi: Digital Camera World
    Jakarta: Banyak smartphone yang kini tidak hanya menyediakan kamera ganda, tapi juga kemampuan sudut pandang lensa yang lebar atau biasa dikenal sebagai Wide Angle. Bahkan ada juga yang lebih lebar lagi disebut dengan Ultra Wide Angle.

    Kemampuan Ultra Wide Angle biasanya ditemukan di smartphone kelas premium atau high-end, sementara di kelas menengah atau terjangkau disediakan fitur Wide Angle. Meskipun dari definisinya sudah jelas mungkin masih banyak pengguna smartphone yang jarang menggunakan fitur ini.

    Padahal fitur Wide Angle atau Ultra Wide Angle di kamera smartphone juga memiliki banyak keuntungan, meskipun dari sisi kualitas ketajaman hasil foto diakui banyak orang masih dibawah kualitas foto menggunakan mode lensa utamanya.

    Bagi pengguna yang penasaran dan ingin mencoba mungkin bingung kapan waktu yang tepat untuk menggunakan fitur Wide Angle atau Ultra Wide Angle pada kamera smartphone? Berikut ini Medcom.id merangkum beberapa tips sebagai panduan.


    1. Mengambil foto bersama dari jarak dekat
    Biasanya untuk mengambil foto bersama atau foto di panggung yang berisi banyak orang, Anda akan mengubah posisi smartphone digenggaman dari vertikal menjadi horizontal, hingga diperoleh foto dalam mode Landscape.

    Jadi lebih banyak orang yang bisa masuk ke dalam frame foto atau di layar smartphone. Bagaimana apabila ruang di depan panggung sangat sempit atau Anda harus berebutan dengan orang lain yang juga akan mengabadikan foto?

    Kondisi tersebut kerap dialami jurnalis Medcom.id. Di sini fitur, Wide Angle atau Ultra Wide Angle sangat membantu. Cukup mengubah mode kamera maka sudut pandang kamera bisa jauh lebih lebar atau luas. Fitur ini juga tersedia di kamera depan banyak smartphone untuk menyediakan kemampuan Wefie.


    2. Membuat foto lansekap lebih mudah
    Sudut pandang lensa kamera smartphone tidak selebar atau seluas sudut pandang yang ditangkap manusia. Jadi, banyak foto yang mungkin tidak sesuai dengan yang Anda bayangkan atau tangkap dengan penglihatan mata. Di sini fitur Wide Angle dan Ulta Wide Angle sangat membantu.

    Anda bisa dengan mudah menghasilkan foto lanskap (landscape) dengan fitur tersebut. Jadi tidak ada lagi objek foto yang terpotong, Anda bisa mendapatkannya dengan penuh.

    Dibandingkan dengan kualitas foto mode Panorama, hasil dari mode lensa Wide Angle atau Ultra Wide Angle jauh lebih baik dan mudah menangkapnya.

    Objek bergerak yang ada di dalam foto tidak akan merusak atau menggang hasil foto seperti di mode Panorama. Apalagi mode Panorama menuntut Anda menggenggam smartphone dengan benar untuk beberapa kalo proses pengambilan foto.


    3. Menghasilkan foto dengan konteks atau narasi lebih dalam
    Hal ini masih berkaitan dengan poin kedua tentang kemudahan pengambilan foto modr lanskap. Di sisi fotografi, mode tersebut bisa menghasilkan foto dengan konteks narasi atau makna yang berbeda. Posisi objek foto utama dengan latar belakangnya bisa menghasilkan sebuah cerita menarik di foto.

    Hal ini juga berpengaruh dalam tren mobile fotografi atau menggunakan smartphone, misalnya untuk kategori gaya foto landscape. Mode lensa Wide Angle atau Ultra Wide Angle bisa digunakan untuk menangkap pemandangan sebuah ruang publik. Contohnya, foto pemandangan kota dari ketinggian di malam hari atau foto penyeberangan lalu lintas di saat ramai.

    Wide Angle maupun Ultra Wide Angle menyediakan kesempatan bagi pengguna smartphone untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi mereka, sebagai alternatif kamera SLR atau DSLR.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id