comscore

Cara Buat Tanda Tangan via Acrobat Reader DC

Lufthi Anggraeni - 21 Mei 2022 10:00 WIB
Cara Buat Tanda Tangan via Acrobat Reader DC
Begini cara menandatangani dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader DC.
Jakarta: Menandatangani dokumen masih menjadi satu keharusan pada berbagai kegiatan terutama untuk aktivitas resmi. Hal ini tidak berubah meski saat ini zaman semakin modern dan penggunaan dokumen digital kian meningkat, terutama didorong oleh pandemi saat ini.

Sebelumnya, kami menginformasikan langkah yang perlu Anda lakukan untuk menandatangani dokumen PDF digital via Microsoft Edge. Kini, kami menginformasikan langkah yang dapat Anda lakukan untuk menandatangani dokumen PDF via aplikasi Adobe Acrobat Reader DC.
  1. Unduh Adobe Acrobat Reader DC
  2. Setelah Klik Download Adobe Reader, Anda dapat mulai proses instalasi dengan mengklik file .EXE yang telah terunduh.
  3. Setelah terinstal, Adobe Reader akan terbuka.
  4. Pada daftar PDF yang muncul, pilih file yang ingin ditandatangani, kemudian klik fungsi Fill & Sign di sebelah kanan file.
  5. Jika tidak menemukan fungsi tersebut, klik di sebelah kiri menu di My Computer untuk menemukan file PDF yang ingin ditandatangani, dan klik dua kali untuk memindahkannya ke jendela editing Acrobat.
  6. Temukan ikon Ab kecil di sebelah kursor, atau ikon Fill & Sign berbentuk pensil di kanan bawah dan pastikan ikon ini disorot.
  7. Setelah diaktifkan, klik bagian untuk ditandatangani, pada kotak kecil Anda dapat menandatangani dokumen dengan mengetik nama ke dalam formulir.
  8. Jika ingin menandatangani dokumen dengan tulisan tangan atau menyematkan tanda tangan yang telah dibuat sebelumnya, ketuk Sign yourself di atas layar utama.
  9. Pilih Add Signature dari dua opsi yang muncul yaitu opsi untuk Add Signature atau Add Initials.
  10. Jendela akan muncul dan menampilkan tiga cara untuk menandatangani dokumen, dengan mengetikan nama sebab Adobe memiliki sejumlah font serupa tulisan tangan, menggambarkan tanda tangan menggunakan touchpad atau secara langsung di layar sentuh, atau mengunggah gambar tanda tangan. Pastikan kolom Save Signature tercentang jika Anda tidak ingin kembali melakukan langkah ini.
  11. Setelah klik Apply, dokumen PDF akan kembali. Tempatkan tanda tangan baru di lokasi yang diinginkan di dokumen dan klik kiri. Anda kemudian dapat mengubah ukuran atau lokasi penyematan tanda tangan sesuai keinginan.
Cara Membubuhkan tanda tangan via software adobe acrobat reader


Dan Anda pun telah selesai menandatangani dokumen PDF. Jika ingin menambahkan tanda tangan pada dokumen PDF, buka dokumen menggunakan Adobe Acrobat Reader dan klik ikon Sign Yourself.

Anda kemudian dapat memilih tanda tangan yang telah disimpan dan menempatkannya ke lokasi yang diinginkan di dokumen PDF. Sebagai informasi, opsi Add Initials berfungsi serupa dengan fungsi Sign Yourself, namun dengan ruang tanda tangan lebih kecil.

Jika ingin mengubah tanda tangan, Anda hanya perlu mengklik ikon minus di sebelah tanda tangan dan mencoba kembali. Selamat mencoba!(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id