Ini Perbedaan ATX, MicroATX, dan Mini-ITX

    Cahyandaru Kuncorojati - 07 Oktober 2019 16:09 WIB
    Ini Perbedaan ATX, MicroATX, dan Mini-ITX
    Beragam jenis form factor motherboard.
    Jakarta: Siapapun yang akan merakit sebuah PC atau komputer biasanya akan berususan dengan komponen yang harus dipasang motherboard. Motherboard sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang bagi pemula mungkin membingungkan.

    Diketahui bahwa motherboard terbagi menjadi tiga jenis yaitu ATX, MicroATX, dan Mini-ITX. Apa perbedaan ketiganya selain dari ukurannya? Mengingat fungsi motherboard adalah sebagai basis tempat semua komponen PC terpasang maka memahami perbedaannya akan sangat berguna.

    Dikutip dari How To Geek, motherboard menjadi standar bagi seluruh komponen PC yang akan dipasang. Maka sangat penting untuk mengetahui perbedaan ketiganya agar PC yang dirakit tidak gagal atau bermasalah.

    1. Motherboard ATX
    Form factor motherboard ATX diciptakan oleh Intel di tahun 1995. Selama 25 tahun, motherboard jenis ini masih mendominasi PC di rumah maupun perkantoran. Versi lebih besarnya lagi dieknal dengan jenis EATX.

    Melihat perbandingan ketiganya, motherboard form factor ATX adalah yang terbesar. Ukurannya sekitar 12 x 9,6 inci. Model motherboard ini banyak dijumpai di pasar.

    2. Motherboard MicroATX
    Motherboard jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dari ATX. Ukuran motherboard MicroATX adalah 9,6 x 9,6 inci. Sama seperti motherboard ATX, jumlah port atau slot untuk berbagai komponen masih sangat banyak.

    Jumlah port yang banyak memungkin PC yang menggunakan memiliki spesifikasi lebih tinggi. Bagi yang menginginkan PC dengan ukuran ringkas bisa mengandalkan motherboard MicroATX.

    3. Motherboard Mini-ITX
    Kini masuk ke ukuran yang terkecil yaitu 6,7 x 6,7 inci. Motherboard jenis Micro-ITX pertama kali diperkenalkan pada 2001 oleh Via Technologies.

    Motherboard Micro-ITX ditujukan bagi pengguna yang ingin memiliki PC sangat mungil. Konsekuensinya adalah jumlah port atau slot di atasnya jauh lebih sedikit.

    Setelah mengetahui perbedaan ketiganya, harus diingat bahwa komponen yang terpasang harus disesuaikan antara ukuran motherboard dan sasis PC yang digunakan.

    Misalnya, ukuran kartu grafis untuk motherboard MicroATX atau Mini-ITX bisa mengandalkan perangkat versi mini. Jumlah slot RAM di mothebroard Mini-ITX biasanya hanya tersedia dua buah, sementara di form factor lebih besar jumlahnya bisa empat.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id