Cara Lihat Zona Waktu Negara Lain via Ponsel

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Desember 2019 10:16 WIB
    Cara Lihat Zona Waktu Negara Lain via Ponsel
    Ilustrasi. (iMore)
    Jakarta: Beberapa waktu lalu Medcom.id menghadiri acara Qualcomm Tech Summit 2019 yang berlangsung di Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Perjalanan ke luar negeri ini cukup jauh karena harus transit beberapa kali di negara berbeda menuju tujuan.

    Hal ini pasti sangat familier bagi Anda yang kerap melakujan perjalanan bisnis. Mungkin Anda juga baru pertama kali akan melakukannya untuk berlibur ke negara yang jarak agak jauh sehingga harus transit di beberapa bandara internasional.

    Penting bagi Anda untuk mengetahui waktu di negara yang Anda singgahi. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan jam kedatangan di sana. Jadi Anda bisa mempersiapkan diri, apakah Anda akan tiba di lokasi tujuan pada siang atau malam hari.

    Hal ini juga dibutuhkan untuk Anda menyesuaikan pola tidur Anda menghindari terjadinya jetlag. Kondisi jetlag bisa berakibat Anda tidak mengikuti jadwal kegiatan acara atau justru membuang waktu untuk beristirahat yang seharusnya bisa digunakan untuk menikmati liburan.

    Sebetulnya ada cara mudah untuk bisa selalu mengetahui zona waktu di lokasi negara tujuan atau setiap lokasi transit. Caranya adalah dengan mengandalkan ponsel pintar atau smartphone Anda. Cara ini juga bisa dilakukan tanpa harus terhubung ke internet.

    Medcom.id telah menemukan cara ini. yaitu dengan memanfaatkan fitur clock atau jam di smartphone. Berikut ini adalah panduan yang kami buat sebelum keberangkatan menggunakan ASUS ROG Phone 2. Cara ini juga serupa di smartphone merek lain dan hanya akan ada sedikit perbedaan di tampilan.

    1. Masuk ke pengaturan jam
    Di ASUS ROG Phone 2, pengaturan jam bisa diakses dari Pengaturan (Settings) atau di widget jam yang ada di homescreen. Medcom.id memilih mengaksesnya lewat widget karena jauh lebih praktis dan bisa Anda pantau kapan saja.

    Tap layar homescreen tepat di bagian angka keterangn jam atau waktu. Nanti tampilan akan beralih ke daftar pengaturan waktu.

    Cara Lihat Zona Waktu Negara Lain via Ponsel

    2. Pilih opsi World Clock
    Dalam menu Bahasa Inggris kemudian akan tertera beberap opsi di bagian bawah mulai dari alarm hingga stopwatch. Di antaranya ada pilihan World Clock, pilih opsi tersebut untuk mengakse menu waktu dunia di berbagai negara.

    3.Tambahkan kota atau negara tujuan di World Clock
    Di halaman World Clock akan tampil informasi waktu berdasarkan lokasi Anda. Untuk menambahkannya pilih ikon tanda plus atau tambah di sudut kanan dan Anda akan dialihkan ke halaman pencarian kota atau negara tujuan yang ingin diketahui.

    Misalnya, Medcom.id melakuakn perjalanan ke Maui, Hawaii. Penerbangan akan dilakukan dari Jakarta kemudian transit di Tokyo, Jepang, dan dilanjutkan ke bandara ineternasional Honolulu di Hawaii, Amerika Serikat. Maka kami menambahkan informasi waktu di Tokyo dan Honolulu.

    Di sini Anda bisa selalu memantau informasi waktu di lokasi transit atau tujuan. Jadi selama penerbangan Anda bisa menyesuaikan atau memaksa badan untuk beristirahat sesuai waktu setempat untuk menghindari jetlag saat tiba di tujuan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id