Tips & Trik

    Cara Download Lagu MP3 dari Video YouTube

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 September 2020 16:45 WIB
    Cara Download Lagu MP3 dari Video YouTube
    Ilustrasi. (Microsoft)
    Jakarta: Meskipun tersedia layanan streaming musik yang bisa dinikmati dengan mudah sebagian pengguna gadget di Indonesia masih ada yang memilih mengunduh lagu dari sebuah video, misalnya dari layanan YouTube.

    Alasannya tidak lain karena mungkin koleksi lagu yang ada di layanan streaming musik tidak sesuai dengan selera mereka atau ada lagu yang tidak tersedia di dalamnya tapi justru ada di Youtube.

    Contohnya mudah, banyak lagu atau musik dari grup musik di daerah yang bisa dijumpai di YouTube. Mengingat kebanyakan aplikasi atau perangkat pemutar musik membaca file musik atau lagu dengan format MP3 maka dibutuhkan aplikasi konversi (converter) dari video ke MP3.

    Tentu saja perubahan format ini akan membuat video yang diunduh hanya bisa didengarkan dalam bentuk audio saja tanpa ada tayangan gambar. Hal ini yang membuat banyak bermunculan aplikasi YouTube MP3 converter, dikutip dari PCMag.com.

    Berikut ini Medcom.id sudah mengumumpulkan beberapa aplikasi atau layanan untuk download lagu MP3 dari video youtube tanpa aplikasi. Namun kami harus memperingatkan bahwa cara ini tidak resmi alias ilegal, makanya banyak layanan converter berbahaya yang bisa menyelipkan virus atau malware.

    1. YouTube to MP3
    Layanan download lagu MP3 dari video YouTube ini menyediakan converter dalam bentuk sebuah situs. Anda hanya cukup melakukan copy URL atau alamat video YouTube kemudian memasukannya di situs YouTube to MP3.

    Selanjutnya pilih format download lagu MP3 atau M4A dan ukuran kompresi file yang akan mempengaruhi kualitas audio dan ukuran file. Semakin kecil angka kompresi maka ukuran file download lagu akan semakin kecil tapi kualitas audionya semakin buruk.

    2. MP3Skull
    Cara kerjanya masih sama seperti YouTube to MP3 tapi di sini tidak banyak iklan mengganggu. Namun pengguna tidak bisa memilih format download lagu MP3 atau M4A dan ukuran kompresi file.

    3. 4K Video Downloader
    Masih memiliki cara kerja yang sama dengan dua layanan di atas tapi 4K Video Downloader hadir dalam bentuk aplikasi yang harus diunduh dan dipasang di PC atau laptop.

    Di sini tersedia pilihan format download lagu lebih banyak dengan beragam jenis kualitas. Meskipun sama-sama bisa digunakan gratis seperti dua layanan di atas, 4K Video Downloader menyediakan layanan berbayar alias premium.

    4. YouTube Music
    Anda bisa download lagu dan menikmatinya offline tanpa melanggar hukum hak cipta atau pembajakan dengan aplikasi YouTube Music. Aplikasi ini menyajikan beragam video musik yang ada di YouTube tapi juga bisa di download menjadi lagu.

    Tentu saja fitur untuk download lagu dan diputar offline tanpa koneksi internet hanya bisa dinikmati apabila Anda berlangganan YouTube Music Premium yang harga per bulan termasuk murah di Indonesia.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id