3 Alasan Anda Harus Pakai Internet Kabel Ketimbang WiFi

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Juli 2019 08:23 WIB
    3 Alasan Anda Harus Pakai Internet Kabel Ketimbang WiFi
    Koneksi internet kabel mengandalkan port ethernet atau LAN.
    33Jakarta: Internet tidak bisa hilang dari kehidupan sehari-hari terutama di saat teknologi digital sudah sangat membantu di setiap waktu. Kini semua teknologi elektronik bisa terhubung ke internet.

    Seperti yang diketahui bahwa koneksi internet bisa didapatkan dengan dua cara, menggunakan kabel LAN atau yang dikenal sebagai ethernet atau fixed broadband dan cara kedua yaitu dengan WiFi atau nirkabel. Kadang muncul pertanyaan, mana yang lebih baik?


    1. Kecepatan Internet Kabel Lebih Terjamin
    Dikutip dari situs Mashable, tidak peduli seberapa kencang WiFi, selamanya internet kabel akan tetap tersedia. Anda disarankan untuk menggunakan internet kabel ketimbang WiFi apabila tersedia di dekat Anda.

    WiFi memang terdengar lebih baik dan praktis. Sebagian orang mungkin menilai bahwa WiFi cukup menggantikan internet kabel. Tunggu dulu, kualitas WiFi mungkin tidak akan sebaik internet kabel dalam beberapa kasus.

    Misalnya, di dalam ruangan atau bangunan. Kekuatan WiFi biasanya akan menerima gangguan atau interapsi saat banyak benda logam atau dinding yang cukup tebal di sekitarnya.

    Efeknya WiFi yang menurut perangkat router dibaca memiliki kecepatan tinggi, akhirnya diterima dengan kecepatan termasuk kekuatan sinyal yang buruk di perangkat pengguna. Tentu saja hal ini juga ditentukan router yang digunakan.

    Sinyal yang buruk berakibat latensi yang tinggi, dampaknya biasanya terasa koneksi internet menjadi "putus-nyambung" Semakin kuat sinyal dan kecepatan yang disajikan router umumnya harga perangkat tersebut semakin mahal. Perlu diingat, router juga memiliki batas jangkauan sinyal WiFi.

    Sementara internet kabel dipastikan kecepatan yang diterima lebih kencang dengan kualitas latensi rendah. Tidak ada pengalaman koneksi internet "putus-nyambung". Kondisi internet dengan mengandalkan internet kabel atau ethernet ditentukan oleh kondisi dari provider atau penyedia layanan internet.


    2. Gamer Dianjurkan Menghindari WiFi
    Kondisi di atas juga menjadi salah satu alasan gamer yang menggemari game online untuk lebih memilih menggunakan internet kabel apabila memungkinkan.

    Gamer profesional sudah dipastikan sangat mengenali kondisi ini. Latensi tinggi berakibat angka ping yang tinggi akan berakibat game tersendat atau lag bahkan disconnect. Hal ini sangat dihindari oleh mereka yang bermain game FPS atau MOBA atau game online multiplayer.

    Tidak bermain game tapi gemar mengakses konten streaming juga sangat dianjurkan mengandalkan koneksi internet kabel. Apabila Anda melakukan streaming konten kualitas resolusi 4K, maka internet harus sangat stabil.

    Sejauh ini konten 4K mungkin masih jarang, dipastikan ke depannya semakin banyak. Anda tidak akan mau ada proses buffering di tengah konten yang diakses. Ke depannya, semua konten dipastikan akan bisa disaksikan streaming secara real time.

    Apakah Anda gemar mengunduh konten digital? Koneksi internet kabel dipastikan lebih minim gangguan dan latensi rendah ketimbang WiFi. Jadi kapan Anda butuh mengandalkan koneksi internet kabel? Saat Anda melakukan beragam kegiatan seperti yang dicontohkan di atas.


    3. Port Internet Kabel Jarang Tersedia di Perangkat
    Medcom.id tidak memaksa Anda untuk menggunakan internet kabel atau ethernet, tapi hanya menganjurkan. Alasannya tidak semua perangkat teknologi atau eletronik saat ini memiliki port LAN atau Ethernet.

    Tren desain perangkat yang semakin tipis membuat fitur port LAN atau ethernet banyak dihilangkan. Jadi terpaksa fitur ini hanya ada di beberapa perangkat tertentu yang memang membutuhkan koneksi internet stabil menggunakan kabel atau Ethernet.

    Misalnya, dongle untuk Smart TV seperti Chromecast dan gadget lain yang berukuran kecil atau mungil. Namun kesadaran bahwa koneksi internet kabel atau ethernet yang lebih baik tetap membuat perangkat khususnya segmen gaming menyediakan port LAN atau Ethernet, contohnya laptop gaming.

    Apakah fitur port ethernet dan internet kabel akan punah tergantikan WiFi? Jawabannya tampaknya masih butuh waktu lama. Apabila tahun depan 5G sudah mulai bergulir, sangat besar kemungkinan WiFi maupaun mobile broadband berbasis 5G tersedia di seluruh tempat.

    Anda akan masih ditawarkan pilihan untuk mengandalkan internet kabel yang kecepatannya semakin bisa diandalkan untuk menikmati konten digital yang juga akan banyak bisa diakses secara streaming.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id