comscore

Akun Facebook dan Instagram Kena Hack? Begini Cara Mengembalikannya

Sri Yanti Nainggolan - 11 Oktober 2021 07:00 WIB
Akun Facebook dan Instagram Kena <i>Hack</i>? Begini Cara Mengembalikannya
Ilustrasi Facebook. AFP/Roberto Duarte.
Jakarta: Kejahatan siber modus ambil alih kendali akun media sosial (hack) yang terjadi pada akun Facebook dan Instagram bukan hal baru. Apalagi, media sosial kini sudah berfungsi sebagai jejaring bisnis, tak hanya pertemanan. 

Data pribadi yang saat ini makin penting nilainya di era digital juga menjadi salah satu alasan peretasan dilakukan pada media sosial. Di satu sisi, kesadaran pengguna terhadap keamanan data pribadi agar tidak diumbar di internet dan mengaktifkan fitur keamanan di media sosial juga masih tergolong rendah. 
Baca: Sobat Medsos, Ini Cara Ampuh Hemat Kuota saat Menggunakan Instagram

Media sosial seperti Facebook dan Instagram sebagai pemilik platform sendiri memahami bahwa celah terjadinya peretasan dari sisi user atau pengguna selalu ada. Oleh karena itu, mereka sudah menyediakan panduan langkah untuk mengembalikan akun Facebook dan Instagram yang kena hack.

Cara mengembalikan akun Facebook yang kena hack

  1. Apabila Anda menemukan kondisi bahwa akun Facebook kena hack, langkah yang harus segera dilakukan adalah membuat laporan ke situs resmi Facebook yaitu https://www.facebook.com/hacked
  2. Isi laporan di situs tersebut menggunakan alamat email dan nomor ponsel yang digunakan saat membuat akun Facebook.
  3. Facebook memastikan Anda tidak akan bisa mengakses akun Facebook untuk sementara namun pastikan data yang diisi sudah benar sehingga pihak Facebook bisa menghubungi Anda, kemungkinan via email.
  4. Selama proses verifikasi data, Facebook akan meminta Anda mengirim foto kartu identitas seperti KTP atau SIM.
  5. Facebook akan mengirim notifikasi lewat email apabila akun Facebook yang kena hack sudah dipulihkan atau bisa dikembalikan.
Cara mengembalikan akun Facebook yang diretas. Ilustrasi Medcom.id
Cara mengembalikan akun Facebook yang diretas. Ilustrasi Medcom.id

Cara mengembalikan akun Instagram yang kena hack

  1. Apabila Anda menemukan kondisi bahwa akun Instagram kena hack, langkah yang harus segera dilakukan adalah membuat laporan ke alamat situs help.instagram.com
  2. Di halaman situs tersebut pilih bagian “Privasi, Keselamatan, dana Keamanan” di sisi kiri, selanjutnya pilih “Login dan Kata Sandi” dan “Saya Tidak Bisa Login”. Di bagian terakhir cari pilihan bahwa akun Instagram diretas.
  3. Apabila Anda sudah membuat laporan, maka akun Instagram Anda mungkin akan terlihat hilang atau tidak bisa ditemukan. Jangan panik, Instagram sedang mengecek bahwa akun Instagram Anda benar dibajak.
  4. Periksa email yang digunakan untuk membuat akun Instagram dan cek berkala karena Instagram akan meminta Anda untuk mengisi formulir yang diminta serta verkas digital seperti foto atau KTP untuk verifikasi.
  5. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu 4-7 hari. Instagram akan memberikan kabar apabila akun Instagram yang kena hack berhasil dikembalikan.


(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id