Ada 9 Alasan di Balik Harga Paket Internet Mahal

    Lufthi Anggraeni - 20 Oktober 2020 17:32 WIB
    Ada 9 Alasan di Balik Harga Paket Internet Mahal
    Berikut 9 alasan penyebab harga jual paket internet seluler mahal.
    Jakarta: Data internet menjadi salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia di zaman modern ini, sebab berbagai layanan baik mendukung kegiatan profesional, pendidikan, maupun hiburan telah tersedia dalam versi online.

    Beberapa masyarakat yang lebih beruntung mungkin dapat memanfaatkan layanan WiFi di rumah guna mendukung aktivitas. Namun hal ini tidak menjadikan layanan internet via jaringan seluler tidak lagi dibutuhkan, karenanya masyarakat tetap memiliki anggaran bulanan untuk membeli paket data internet.

    Sayangnya, harga data internet jaringan seluler yang ditawarkan saat ini masih tergolong tinggi. Ada alasan tersendiri di balik hal tersebut, dan berikut kami rangkumkan sembilan di antaranya.

    1. Harga Sesuai Kualitas
    Dukungan bonus layanan seperti kuota untuk streaming, gratis menelepon dan SMS, dan roaming internasional menjadi salah satu nilai tambah yang kerap ditawarkan penyedia jaringan internet seluler dan menjadi penyebab tingginya harga jual paket data internet.

    2. Rating Layanan Perusahaan
    Rating atau penilaian yang diberikan pelanggan juga menjadi salah satu alasan harga jual paket data internet yang tinggi. Sebab, meski menawarkan layanan internet untuk seluler, tidak semua perusahaan memiliki rating, peringkat atau popularitas yang sama.

    Di Indonesia, Telkomsel menjadi operator seluler dengan rating tertinggi, disusul oleh XL dan Indosat. Hal ini mengindikasikan bahwa ketiganya lebih dipercaya konsumen untuk dapat menawarkan internet dengan kecepatan lebih tinggi dan stabil.

    3. Target Konsumen
    Kalangan masyarakat yang disasar sebagai konsumen dari penyedia layanan internet seluler juga berdampak pada harga jual paket data. Umumnya, penyedia layanan internet seluler dengan target konsumen kalangan menengah atas akan menawarkan paket data internet dengan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan penyasar kalangan menengah bawah.

    4. Lisensi Spektrum
    Semakin tinggi lisensi spektrum atau kualitas jaringan, maka harga jual paket internet juga akan semakin tinggi. Hal ini karena lisensi spektrum merupakan jaringan yang diberikan penyedia layanan internet seluler dalam memproduksi jaringan internet.

    5. Lelang Spektrum
    Lelang spektrum atau kecepatan loading internet juga berdampak pada harga jual paket data internet, dan semakin cepat lelang spektrum maka semakin tinggi juga harga jual paket internet seluler. Dan kecepatan koneksi internet atau lelang spektrum ini diwakili oleh angka lebih besar di depan singkatan Mbps.

    6. Biaya pemeliharaan infrastruktur
    Untuk menjaga kualitas, penyedia layanan internet seluler harus melakukan pemeliharaan dan perbaikan secara berkala di seluruh infrastruktur. Tidak hanya saat membangun, melakukan pemeliharaan pada infrastruktur juga membutuhkan biaya besar, sehingga penyedia layanan internet seluler kerap berpikir panjang untuk membangun infrastruktur di wilayah dengan lalu lintas penggunaan sedikit.

    7. Kebutuhan menara ponsel
    Menara ponsel atau lebih dikenal sebagai Base Transceiver Station (BTS) juga menjadi salah satu alasan harga jual paket internet seluler lebih tinggi. Sebab, untuk dapat mendistribusikan jaringan internet lebih baik, ketinggian menara ini juga memiliki pengaruh.

    Semakin tinggi menara, maka jaringan akan semakin baik, dan untuk menghadirkan menara tinggi, penyedia layanan internet seluler juga harus merogoh kocek dalam untuk membangun maupun melakukan pemeliharaan.

    8. Risiko layanan tinggi
    Guna menjaga kualitas terbaik dapat dinikmati seluruh pelanggan, penyedia layanan internet seluler mau tidak mau melakukan perluasan layanan. Dan penawaran harga tinggi untuk paket internet menjadi salah satu langkah yang kerap dilakukan untuk menutupi kerugian akibat upaya pengembangan yang tidak berhasil ini.

    9. Inovasi Tiada Henti
    Perkembangan teknologi juga mengharuskan penyedia layanan internet seluler untuk terus berinovasi sehingga dapat mengikutinya dan tidak tertinggal. Sebab hal ini juga akan berdampak pada kualitas layanan dan berbuntut pada kesetiaan pelanggan mereka.

    Sayangnya, upaya untuk berinovasi ini lagi-lagi membutuhkan biaya dan tidak selalu berhasil sehingga umumnya, penyedia layanan internet seluler harus putar otak untuk menutupi kerugian, dan salah satu caranya adalah dengan menaikan harga jual paket internet mereka.

    Dengan demikian, penyedia layanan internet seluler bisa dikatakan memiliki pertimbangan panjang sebelum memutuskan untuk meningkatkan harga jual paket internet seluler mereka, dengan tetap memberikan layanan terbaik namun tetap menguntungkan bagi perusahaan.

    Kini, tinggal pelanggan yang harus teliti dan cerdik dalam menentukan paket dengan harga tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id