Tips & Trik

    Agar tak Dibobol, Cek Privasi di iPhone Anda

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Februari 2020 16:03 WIB
    Agar tak Dibobol, Cek Privasi di iPhone Anda
    iPhone X. (DxOMark)
    Jakarta: Kasus peretasan iPhone X yang digunakan oleh pendiri sekaligus bos Amazon, Jeff Bezos via WhatsApp mengundang banyak perhatian. Alasannya, aplikasi tersebut sangat populer untuk berkomunikasi di antara pengguna smartphone

    Ditambah ponsel yang diretas adalah iPhone. Hal ini seharusnya menimbulkan kecemasan di antara pengguna. Apple sebetulnya telah melengkapi perlindungan privasi atau data di iPhone dari aplikasi yang dipasang pengguna.

    Caranya adalah dengan mengakses pengaturan privasi di iPhone. Ini bisa membantu pengguna iPhone membatasi setiap aplikasi untuk bisa mengakses data maupun fitur. Langkah sederhana ini cukup membantu menjaga data Anda tidak dicuri,

    Berikut Medcom.id sudah merangkum langkah mudah mengatur atau mengecek privasi aplikasi di Phone. Pertama, masuk ke bagian Settings pada ikon yang ada di home screen. Kemudian di tampilan daftar pengaturan atau Settings cari menu bertuliskan Privacy..

    Pilih menu Privacy dan pengguna iPhone akan menerima beragam menu pengaturan privasi untuk seluruh fitur yang ada di perangkat. Misalnya, layanan lokasi atau GPS, daftar kontak, foto, mikrofon, Bluetooth, dan lainnya.

    Kini pengguna Iphone bisa memilih salah satu di antara menu tadi. Antarmuka iOS akan menampilkan halaman baru yang berisi daftar aplikasi yang memiliki akses ke data atau fitur perangkat di halaman Privacy.

    Anda harus mengecek setiap aplikasi satu per satu. Apabila tombol geser atau toggle berada di posisi On artinya Anda mengizinkan aplikasi tersebut mengakses data atau fitur yang tersedia di perangkat atau menu halaman Privacy.

    Geser toggle ke Off apabila Anda ingin menghentikan aplikasi tersebut mengakses data atau fitur tertentu di iPhone.

    Satu lagi langkah pengecekan privasi yang bisa dilakukan. Caranya dengan mengetahui apa saja akses yang bisa dimiliki oleh aplikasi di iPhone. Hal ini akan memberikan gambaran penuh bahwa semua aplikasi ada di bahwa kendali penggunanya.

    Pertama, masuk ke Settings melalui ikon di home screen. Geser ke bawah hingga bagian system settings dan Anda akan menemukan semua aplikasi yang terpasang di iPhone. Masuk ke setiap aplikasi yang Anda ingin cek dan lakukan pengaturan akses apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi, misalnya akses ke galeri foto atau mengaktifkan kamera.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id