Spotify Bisa Setop Sendiri Saat Kita Tidur, Caranya?

    Cahyandaru Kuncorojati - 13 September 2019 17:12 WIB
    Spotify Bisa Setop Sendiri Saat Kita Tidur, Caranya?
    Ilustrasi. (Getty Images)
    Jakarta: Mendengarkan musik kerap menjadi kegiatan beristirahat dan tidak jarang penggunanya justru tertidur dengan earphone yang masih melekat di telinga dan musik yang masih berjalan.

    Hal ini sebetulnya tidak diperbolehkan karena beragam alasan. Pertama, mengganggu kesehatan telinga Anda. Kedua, aplikasi atau musik yang terus berjalan bisa mengurasi baterai smartphone atau gadget Anda yang membuat Anda tidak sempat mengisi daya baterai saat terbangun.

    Aplikasi penyedia layanan streaming Spotify tampaknya menyadari kebiasaan penggunanya. Akhirnya Spotify baru ini memperbarui layanannya dengan merilis fitur Sleep Timer.

    Sleep Timer adalah fitur yang disediakan Spotify untuk membatasi durasi atau waktu aplikasi ini berjalan. Tujuannya mencegah aplikasi tetap berjalan saat penggunanya tertidur. Fitur ini sebetulnya sudah dirilis tanpa pengumuman oleh Spotify di sistem operasi Android pada bulan Mei lalu.

    Berikut ini Medcom.id akan memberikan panduan bagi pengguna untuk menggunakan fitur Sleep Timer. Jadi pengguna tidak akan terbangun dan menemukan baterai gadget mereka sudah habis karena aplikasi berjalan terus.

    1. Buka album Spotify yang ingin didengarkan
    Fitur Sleep Timer hanya bisa digunakan pada album atau playlist di Spotify termasuk layanan podcast. Jadi fitur ini tidak akan tersedia untuk satu buah lagu saja.

    Spotify Bisa Setop Sendiri Saat Kita Tidur, Caranya?

    Pertama, Anda bisa terlebih dahulu memutar musik yang ada di sebuah album atau playlist yang Anda buat sendiri. Kemudian sentuh baris bagian bawah yang berisi informasi lagu atau musik yang berjalan sehingag terbuka halaman berisi informasi lagu atau musik tersebut.

    2. Masuk ke opsi Pengaturan
    Melanjutkan langkah yang pertama, kini Anda harus memilih ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas. Nantinya akan tampil kotak dialog berisi opsi Pengaturan. Di baris paling bawah Anda akan menemukan opsi Sleep Timer.

    3. Pilih durasi fitur Sleep Timer
    Apabila Anda sudah memilih fitur Sleep Timer maka akan muncul kotak dialog yang berisi pilihan kapan audio atau musik yang diputar di Spotify berhenti.

    Pilihan yang disediakan berdasarkan beberapa durasi mulai dari lima menit hingga satu jam. Tersedia juga pilihan untuk otomatis menghentikan audio atau musik yang berputar saat lagu atau konten audio yang diputar, misalnya podcast, sudah berakhir.

    Spotify Bisa Setop Sendiri Saat Kita Tidur, Caranya?

    Sebagai catatan, Anda juga bisa menonaktifkan fitur Sleep Timer yang sudah aktif apabila merasa tidak membutuhkan lagi. Caranya, Anda masuk kembali ke fitur Sleep Timer dan pilihan durasi yang disediakan kemudian pilih opsi paling bawah, Turn off timer.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id