Tips & Trik

    Cara Mudah Ganti Password Hotspot atau Tethering di Ponsel

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Agustus 2020 11:05 WIB
    Cara Mudah Ganti Password Hotspot atau Tethering di Ponsel
    Ilustrasi.
    Jakarta: Ponsel atau smartphone memiliki fitur bernama Hotspot atau Tethering. Fungsinya adalah menyediakan koneksi internet dalam bentuk WiFi jadi bisa menyediakan internet ke perangkat lain termasuk laptop saat kualitas WiFi di sekitar Anda lebih buruk.

    Koneksi WiFi yang disebarkan oleh smartphone lewat fitur Hotspot atau Tethering berasal dari internet layanan seluler berlangganan Anda. Serupa dengan WiFi di kafe atau tempat umum, koneksi dari Hotspot atau Tethering dilengkapi dengan password atau kata sandi.

    Fungsi password tadi adalah untuk membuat koneksi internet dari smartphone Anda aman dan hanya pengguna atau perangkat lain yang Anda kenal bisa terhubung ke WiFi dari Hotspot di smartphone. Jadi Anda tidak perlu takut kuota internet tersedot.

    Biasanya, smartphone yang baru dibeli juga hadir dengan password Hotspot atau Tethering yang dibuat secara acak. Hal ini menyulitkan Anda mengingat password atau kata sandi tersebut. Berikut ini Medcom.id sudah merangkum cara mengganti password Hotspot atau Tethering.

    Panduan ini kami buat menggunakan smartphone Asus ROG Phone 2 dengan sistem operasi Android 10. Namun langkahnya tidak jauh berbeda bahkan masih sama di banyak merek smartphone lain.

    Cara Mudah Ganti Password Hotspot atau Tethering di Ponsel

    1. Tarik notifikasi bar dari bagian atas layar. Cari ikon bertuliskan Hotspot atau Tethering. Ikon ini punya logo sinyal yang mirip dengan ikon WiFi. Tekan ikon tersebut sehingga Anda akan dialihkan ke halaman pengaturan.

    Cara lainnya adalah masuk ke Settings atau pengaturan dengan tekan ikon gear di notifikasi bar kemudian pilih menu Network dan Internet dan cari menu selanjutnya bernama Hotspot/Tethering.

    2. Melanjutkan langkah pertama, Anda kini sudah berada di halaman pengaturan Hotspot & Tethering. Di sini fitur tersebut masih belum aktif, pilih menu WiFi Hotspot sehingga Anda menemukan informasi nama profil Hotspot dan Hotspot Password.

    Pilih menu Hotspot Password kemudian ganti dengan kata sandi yang baru yang Anda bisa ingat dengan mudah tapi pastikan sulit untuk ditebak pengguna lain yang mengenali Anda.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id