Tips & Trik

    4 Cara Bikin Google Chrome Irit Memori

    Lufthi Anggraeni - 22 Juni 2020 14:26 WIB
    4 Cara Bikin Google Chrome Irit Memori
    Berikut sejumlah ekstensi yang dapat digunakan untuk mengurangi beban memori dan RAM.
    Jakarta: Web telah berubah dalam beberapa tahun terakhir, dan aplikasi yang hanya berjalan di komputer desktop kini dapat berfungsi di browser, meski harus ada yang dikorbankan. Peramban modern menggunakan banyak RAM, dan Chrome menjadi salah satu yang terburuk.

    Dengan sedikit usaha, pengguna dapat membatasi penggunaan memori Chrome. Jika browser tampak selalu berjalan lancar, hal ini akan membantu Anda dalam mengurangi penggunaan memori Chrome dan membebaskan RAM.

    Terdapat dua metode untuk menentukan konsumsi RAM yang digunakan oleh Chrome. Anda dapat mengetahui informasi penggunaan Chrome secara keseluruhan melalui Windows Task Manager. Berikut sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan memori Chrome.

    1. Tutup Tab Sementara
    Dengan ekstensi Chrome TooManyTabs, Anda dapat memilih tab yang akan ditutup sementara waktu. Gunakan ekstensi ini untuk menutup tab dan membukanya kembali di lokasi yang sama, sehingga pengguna dapat dengan mudah melanjutkan aktivitas sebelumnya.

    Setelah menginstal TooManyTabs, klik tombol ekstensi untuk menampilkan daftar dari seluruh tab yang terbuka. Untuk menangguhkan tab, klik panah berwarna kuning di sebelah tab yang dimaksud, dan untuk mengembalikannya, klik tab kuning di daftar Suspend Tabs dan tab akan kembali terbuka.

    2. Tangguhkan Seluruh Tab
    Dengan ekstensi The Great Suspender, Anda dapat menangguhkan seluruh tab kecuali satu tab. Pengguna hanya perlu mengakses satu tab yang diinginkan, klik tombol The Great Suspender dan pilih Suspend other tabs.

    Harap perhatikan bahwa ekstensi ini bisa sedikit rewel, dan mungkin harus mengklik tombol sebanyak dua kali untuk menangguhkan seluruh tab. The Great Suspender juga memberikan kendali cukup besar terkait cara tab ditangguhkan.

    Anda juga dapat memasukan situs spesifik dalam daftar putih, sehingga jika Anda selalu membutuhkan inbox email terbuka, The Great Suspender bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk menampilkan tab yang ditangguhkan, klik di mana saja di jendela.

    3. Izinkan Chrome Memilihnya untuk Anda
    Jika Anda lebih memilih untuk menyerahkan tugas ke Chrome, TabMemFree akan secara otomatis menangguhkan tab yang tidak aktif. Anda dapat menentukan jangka waktu penentu sebelum ekstensi menangguhkan tab tidak aktif, dengan minimum waktu 15 menit.

    4. Hilangkan Ekstra Tidak Diinginkan
    Sejumlah tambahan dan ekstra tersedia untuk Chrome dapat menambah beban penggunaan memori. Perhatikan plugin dan ekstensi, dan hapus yang Anda nilai tidak dibutuhkan. Dan terlalu banyak ekstensi akan dapat memperlambat kinerja komputer.

    Dengan demikian, kami sarankan untuk membersihkan ekstensi Chrome, dengan menyalin dan menempelkan chrome://extentions di kolom alamat di Chrome, dan menelusuri ekstensi, kemudian menghapus ekstensi yang tidak digunakan secara reguler.

    Terdapat banyak faktor yang menyebabkan penurunan performa RAM, namun demikian juga dengan cara aman untuk membersihkan memori serta meningkatkan RAM di komputer Windows Anda.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id