Tips & Trik

    Cara Ambil Screenshot di PC dan Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 September 2020 21:55 WIB
    Cara Ambil Screenshot di PC dan Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi
    Tombol PrtScn atau PrtScr berfungsi untuk mengambil screenshot layar.
    Jakarta: Cara mengambil screenshot atau tangkapan di smartphone jelas sangat mudah, Anda cukup menekan tombol Power dan Volume Down bersamaan maka hasilnya akan tersimpan di galeri.

    Mengambil screenshot biasanya dibutuhkan untuk menyimpan informasi penting atau mencatat sesuatu dengan mudah tanpa harus menuliskannya. Screenshot sebenarnya juga bisa dilakukan di komputer atau PC dan laptop namun banyak orang yang bingung.

    Berikut ini Medcom.id sudah membuat panduan cara mengambil screenshot di komputer atau laptop Windows 10 tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.

    1. Pertama tekan tombol PrtScr atau Print Screen yang ada di keyboard. Letak tombol ini biasanya ada di deretan atas sebelah kanan.

    Di beberapa perangkat menekan tombol PrtScr saja tidak cukup, biasanya harus dilakukan dengan menekan terlebih dahulu tombol Fn dan tahan sambil menekan tombol PrtScr.

    Tombol Fn biasanya terletak di bagian kiri bawah keyboard dekat tombol Ctrl.

    2. Setelah menekan tombol tadi sebenarnya screenshot sudah didapatkan tapi kini yang harus dilakukan adalah menaruh ke halaman atau aplikasi yang diinginkan. Caranya dengan menekan tombol Ctrl dan huruf V bersamaan. Jadi serupa dengan fungsi copy paste.

    3. Apabila pengguna ingin menyimpan screenshot yang diambil menjadi file foto atau gambar, cara dengan menekan tombol berlogo Windows yaitu di dekat tombol Spacebar dan tahan sambil menekan tombol PrtScr.

    Hasil screenshot akan tersimpan dalam folder bernama Screenshot yanga ada di folder Pictures. Anda bisa menemukannya dengan cara membuka aplikasi Windows Explorer.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id