MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Tips Membuat Lampu LED Lebih Awet

    Ellavie Ichlasa Amalia - 30 Maret 2019 11:13 WIB
    Tips Membuat Lampu LED Lebih Awet
    Ilustrasi.
    Jakarta: Lampu LED seharusnya bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Namun, ada beberapa hal yang akan menyebabkan lampu LED Anda rusak dalam waktu beberapa bulan. 

    Inilah empat hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan lampu LED Anda berumur panjang, menurut CNET
    1. Berikan ruang yang lega
    Kebanyakan lampu LED tidak didesain untuk dipasang di ruangan yang sempit, misalnya sebagai lampu pada kipas di langit-langit. Ruang yang sempit bisa membuat lampu LED menjadi berkerlip, yang terjadi karena lampu menjadi terlalu panas akibat sirkulasi udara yang tidak memadai.

    Panas adalah salah satu hal yang bisa mempersingkat umur lampu LED. Biasanya, Anda bisa memberikan ruang dengan diameter sekitar setengah inci untuk memberikan ruang yang cukup untuk sirkulasi udara bagi lampu LED. 

    2. Pastikan lampu tidak menjadi terlalu dingin atau terlalu panas
    Idealnya, suhu ruangan tempat lampu LED adalah sekitar 10 sampai 27 derajat Celcius. Jika suhu terlalu rendah, ini membuat lampu harus bekerja ekstra untuk memancarkan sinar yang cukup terang.

    Sementara jika suhu terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lampu, sehingga umur lampu menjadi lebih pendek, menurut Energy Star

    3. Sesuaikan besar sumber listrik
    Jika Anda ingin agar lampu LED Anda bertahan lama, Anda harus bisa menyesuaikan besar daya yang diperlukan lampu dan sumber daya. Jika daya yang mengaliri lampu terlau besar, ini bisa menyebabkan lampu cepat rusak. 

    Anda bisa memeriksa besar daya yang mengaliri tempat lampu di dekat Anda memasang lampu. Di situ, seharusnya ada stiker berwarna emas yang menyebutkan besar watt pada lampu terbaik yang cocok. 

    4. Jangan sering mematikan dan menyalakan lampu
    Semakin sering Anda menyalakan dan mematikan lampu, semakin cepat lampu LED Anda rusak. Karena itu, jika Anda punya anak yang sering menyalakan dan mematikan lampu, sebaiknya minta dia untuk berhenti melakukan itu. 

    Selain dapat bertahan lebih lama, LED juga biasanya dikenal karena cahayanya yang lebih terang meski daya yang dibutuhkan lebih rendah. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id