Tips & Trik

    Begini Cara Mengenal Misinformasi

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 April 2021 08:11 WIB
    Begini Cara Mengenal Misinformasi
    Ilustrasi.



    Jakarta: Google mengingatkan pengguna internet untuk selalu mewasadai setiap informasi yang diterima pada Hari Cek Fakta Internasional yang diperingati hari ini. Google berharap siapapun bisa melakukan cek fakta tidak hanya dari kalangan profesional.

    Google membeberkan data bahwa pencarian di Google Search menggunakan kalimat awal "is it true that..." atau "apakah benar..." selama 12 bulan belakangan sangat populer. Ini menandakan bahwa semakin banyak misinformasi terjadi tapi juga pengguna internet semakin rajin melakukan






    Makanya Google membagikan tips untuk mengenali misinformasi atau sebuah informasi yang direkayasa baik diubah sebagian atau ditambahkan sehingga tidak sesuai dengan fakta sebenarnya atau seharusnya. Misinformasi juga bisa dianggap sama seperti hoaks.

    1.Cari tahu sumbernya lebih lanjut
    Apabila Anda menemukan artikel atau cerita mengejutkan dari sebuah situs atau sumber yang tidak pernah didengar maka cek apakah sumber tersebut benar dan terpercaya menggunakan pencarian di Google.

    2. Cek gambar yang digunakan benar atau tidak
    Sama sepeti tips nomor satu, lakukan perbandingan dengan melakukan pencarian di Google. Cari gambar yang sama dan temukan informasi yang mendampingi gambar atau foto tersebut.

    Apakah informasi yang digunakan sama atau berbeda? Apabila berbeda mana yang lebih banyak digunakan atau valid alias terpercaya? Misinformasi kerap muncul lewat penggunaan gambar atau foto yang tidak sesuai informasi sebenarnya alias konteknya direkayasa.

    3. Lihat liputan berita atau media terpercaya
    Apabila melakukan pengecekan lewat situs dengan Bahasa Inggris terasa sulit maka Anda bisa melakukan perbandingan dengan referensi ke berita atau media terpercaya.

    Sejumlah sumber terpercaya atau media terpercaya bisa ditemukan pada halaman pencarian Google atau kolom News di news.google.com.

    4. Tanyakan kepada pengecek fakta
    Google berkolaborasi dengan sejumlah media terpercaya untuk membantuk melakukan verifikasi informasi yang beredar untuk mencegah misinformasi. Pengguna internet bisa mengajukan pertanyaan atau merujuk ke artikel cek fakta yang dibuat oleh sejumla media.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id