Tips & Trik

    Cara Tampilkan Indikator Angka Baterai di Android 10

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Maret 2020 10:08 WIB
    Cara Tampilkan Indikator Angka Baterai di Android 10
    Ilustrasi.
    Jakarta: Smartphone berbasis sistem operasi Android 10 semakin banyak sejak awal tahun ini. Sistem operasi tersebut menggantikan Android 9 yang banyak dijumpai pada 2019 sehingga juga membawa tampilan antarmuka yang baru.

    Namun, perubahan antarmuka ini ada yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya, di Android 10 tidak lagi ditampilkan angka indikator kapasitas baterai atau battery percentage.

    Dulu indikator ini diperlihatkan dengan angka mulai dari 100 persen hingga 2 persen di dalam ikon baterai di sudut kanan atas layar. Model lain, angka tersebut muncul saat pengguna menarik kolom notifikasi dari bagian atas layar.

    Hal ini dinilai lebih disukai karena indikator warna hijau pada ikon baterai mungkin dirasa kurang akurat memberikan informasi kapasitas baterai. Jadi Anda mungkin bingung kapan harus mulai mengisi daya baterai smartphone.

    Berikut ini Medcom.id sudah merangkum cara menampilkan battery percentage di indikator kapasitas baterai pada smartphone Android 10. Medcom.id mencobanya pada realme 6 Pro.

    Cara Tampilkan Indikator Angka Baterai di Android 10

    1. Masuk ke Settings atau Pengaturan
    Pertama Anda harus masuk ke Settings atau Pengaturan. Caramya lewat ikon Settings di home screen atau ikon yang ada di kolom atau bar notifikasi.

    2. Cari konfigurasi notifikasi dan status bar
    Di halaman Pengaturan atau Settings, Anda akan langsung melihat pilihan menu bernamaNotofications & Status Bar. Menu ini akan memberikan pilihan untuk kustomisasi ikon yang tampil di kolom notifikasi dan status yang biasanya dijumpai angka persentasi kapasitas baterai smartphone.

    3. Pilih menu Show Battery Percentage on Status Bar
    Anda akan disediakan sebuah kotak yang berisi tiga pilihan. Pertama adalah Do Not Display alias tidak menampilkan angka kapasitas baterai. Pilihan kedua yaitu Inside the Battery Icon yang akan menampilkan angka persentase baterai di dalam ikon baterai.

    Pilihan kedua tadi akan menampilkan informasi kapasitas baterai seperti biasanya yang dijumpai pada Android 9. Pilihan ketiga yaitu Outside the Battery Icon yang akan menampilkan angka kapasitas baterai di sebelah ikon.

    Pilihan ketiga akan memberikan ukuran angka informasi yang lebih besar sehingga lebih mudah dilihat penggunanya, ketimbang pilihan kedua yang ukurannya lebih kecil. Namun konsekuensinya adalah status bar di bagian atas layar smartphone akan semakin ramai sesak.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id