Tips Jitu jadi Youtuber Pemula dengan Viewers Jutaan

    Adri Prima - 03 Juni 2021 11:53 WIB
    Tips Jitu jadi Youtuber Pemula dengan <i>Viewers</i> Jutaan
    Ilustrasi. Shutterstock



    Jakarta: Membuat konten video di platform Youtube kini tak lagi sekadar hobi, namun sudah menjadi ladang mencari uang.  Sudah bukan rahasia lagi, para content creator di sosial media dengan followers dan subscribers jutaaan begitu kaya raya. 

    Fenomena tersebut menjadi motivasi banyak masyarakat yang mencoba untuk menjadi content creator khususnya di Youtube. Namun, menjadi Yotuber sukses bukanlah hal mudah. Pastinya ada proses dan pembelajaran yang harus dilewati hingga akhirnya sebuah channel Youtube bisa menghasilkan pundi-pundi uang. 

     



    Dilansir dari Adorama, berikut ini ada beberapa tips untuk Youtuber pemula agar channel Youtube mereka bisa ditonton hingga jutaan orang.
     

    Membuat deskripsi singkat, tepat, dan menarik

    YouTube membatasi ruang di kolom deskripsi hanya 1.000 karakter. Jadi, kalian harus memaksimalkan kapasitas yang ada untuk meracik deskripsi terbaik. 

    Tips terbaik adalah dengan cara memasukkan beberapa kata kunci yang relevan dengan konten di baris pembuka deskripsi atau di 100-150 karakter pertama. 
     

    Bangun jaringan di media sosial

    Agar konten Youtube kamu mendapatkan jumlah view yang besar, maka faktor utama yang menjadi penentu adalah banyaknya orang yang membagikan kembali konten tersebut di media sosial pribadi mereka. Karena itu, ada baiknya untuk terus membangun jaringan dan komunitas di sosial media. 
     

    Kolaborasi dengan kreator lain

    Untuk menjadi sukses di dunia per-Youtube-an, jaringan komunitas Youtube juga penting. Kolaborasi di antara pembuat konten telah terbukti efektif dalam membantu sebuah channel tumbuh dan mendapatkan subscribers baru karena membantu kedua kolaborator mendapatkan eksposur dengan basis subscribers berbeda.

    Bicaralah dengan pembuat konten lain, berteman, dan jangan takut untuk menghubungi youtuber yang lebih besar untuk menanyakan tentang kemungkinan kolaborasi. 
     

    Jalin komunikasi dengan viewer

    Seiring waktu, perlahan channel Anda akan terus bertumbuh baik dari jumlah subs serta mendapatkan lebih banyak komentar dari penggemar di video Anda. Dan akhirnya, Anda akan mendapatkan pesan di akun media sosial pribadi dari penggemar.

    Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk terhubung dengan penonton Anda. Ingatlah bahwa akun media sosial Anda adalah perpanjangan dari saluran YouTube Anda. Jadi, cobalah untuk berbagi informasi kehidupan Anda di platform sosial populer seperti Instagram, Twitter, dan lain-lain.

    Berinteraksi dengan penonton juga dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi untuk ide konten baru. Paling tidak, itu akan membuat Anda tetap terinspirasi untuk terus maju meskipun ada kesulitan dalam mengembangkan dan mempertahankan saluran Anda.
     

    Abaikan semua komentar negatif

    Abaikan semua komentar negatif yang ditinggalkan penonton di setiap video yang di-upload. Bagaimanapun, sosial media termasuk YouTube terkadang menjadi wadah bagi orang-orang yang senang berkomentar sesuka hati bahkan cenderung tanpa etika. 

    Tak peduli seberapa bagus dan berkualitas konten Anda, pastinya akan selalu ada orang yang akan membuat meninggalkan komentar negatif penuh kebencian. Tujuannya tidak lain adalah agar channel Anda tidak berkembang. Jadi, abaikan saja dan teruslah berkarya.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id