Tips & Trik

    Cara Gampang Cek Prosesor dan Kartu Grafis Laptop Sebelum Beli Game

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 Januari 2021 12:36 WIB
    Cara Gampang Cek Prosesor dan Kartu Grafis Laptop Sebelum Beli Game
    Ilustrasi.



    Jakarta: Steam dilaporkan bakal kembali menggelar event diskon besar-besar untuk game mereka jelang perayaan Imlek yang akan berlangsung di bulan depan. Makanya tandai game yang berencana untuk dibeli menggunakan fitur Whistlist agar tidak terlewat.

    Meskipun begitu mungkin sebagian dari gamer memiliki laptop gaming dengan spesifikasi menengah atau bukan terbaru sehingga Medcom.id sarankan untuk terlebih dulu mengecek spesifikasi perangkat yang dibutuhkan oleh game.






    Permasalahannya mungkin gamer sudah lupa spesifikasi dari laptop yang digunakan untuk bermain game. Hal ini wajar mengingat sebuah laptop selalu dipasarkan dengan nomor seri berbeda karena memiliki varian spesifikasi yang cukup banyak.

    Gamer mungkin juga sudah lupa menyimpan kardus atau kotak laptop yang berisinya berisi informasi nomor seri varian laptop dan spesifikasi yang dimiliki.

    Jangan bingung, Medcom.id sudah membuat panduan mudah untuk mengecek prosesor dan kartu grafis yang digunakan laptop untuk menyesuaikan dengan spesifikasi perangkat yang dibutuhkan sebuah game.

    1. Di halaman desktop scren atau home screen laptop, tekan tombol Windows dan huruf R di keyboard bersamaan. Letak tombol Windows biasanya ada di antara tombol Fn dan Alt.

    2. Anda akan melihat kotak dialog yang muncul setelah menekan dua tombol tadi bersamaan. Di kotak dialog tersebut ketik dxdiag selanjutnya klik OK.

    3. Nanti akan muncul kotak dialog yang meminta izin untuk melakukan analisa dan terhubung ke internet tapi tidak akan mengiripkan data Anda. Di sini cukup setujui atau OK sehingga akan muncul kotak informasi dari DirectX Diagnostic Tool

    Cara Gampang Cek Prosesor dan Kartu Grafis Laptop Sebelum Beli Game

    4. Di halaman DirectX Diagnostic Tool bagian System akan tampil nama seri laptop yang digunakan termasuk prosesor dan memory atau kapasitas RAM yang terpasang.

    Cara Gampang Cek Prosesor dan Kartu Grafis Laptop Sebelum Beli Game

    5. Klik bagian Display baik Display 1 maupun Display 2 untuk melihat kartu grafis atau GPU yang digunakan di laptop Anda. Kini gamer bisa mencocokan dengan spesifikasi game yang diminta dan mengetahui laptop yang digunakan bisa bermain game dengan lancar atau tidak.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id