Tips & Trik

    Hari Backup Sedunia, Ini Cara Lindungi Data Penting Anda

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 April 2020 11:20 WIB
    Hari Backup Sedunia, Ini Cara Lindungi Data Penting Anda
    ilustrasi.
    Jakarta: Di akhir  bulan Maret industri teknologi terutama di perusahaan produsen perangkat penyimpanan data merayakan sebuah hari bernama World Bakcup Day aau Hari Backup Sedunia.

    Peringatan ini dibuat untuk mengingatkan semua pengguna teknologi atau perangkat digtital untuk menyimpan data mereka yang berharga di media penyimpanan yang terbaru atau diapstikan lebih aman.

    Mengingat di tengah pandemi Cvovid-19 atau virus Korona banyak dari pekerja yang melakukan pekerjaan dari rumah maka mereka termasuk dalam kalangan yang harus melakukan backup atau membuatan cadangan simpanan data yang penting. 

    Berbeda saat bekerja di kantor, semua data penting tersimpan di perangkat komputer atau laptop kantor yang terhubung langsung ke jaringan IT kantor. Di jaringan tersebut sudah ada teknisi yang merancang jaringan untuk menyimpan data penting dengan lengkap dan aman.

    Sementara saat bekerja di rumah, banyak dari pekerja yang memanfaatkan jaringan internet komersial dengan tingkat keamanan digital yang belum tentu memenuhi standar keamanan IT perusahaan.

    Ditambah penggunaan perangkat teknologi seperti gadget atau laptop dan komputer di rumah juga menjadi sangat rentan rusak.

    Misalnya, akibat terjatuh dari meja karena lokasi bekerja di rumah yang tidak seaman di kantor atau tersenggol anak Anda.

    Kemungkinan buruk lainnya adalah perangkat bekerja Anda terkena tumpahan minuman karena gaya bekerja dari rumah yang lebih santai dan banyak lagi bahaya yang mengancam perangkat kerja atau gadget Anda.

    Berikut ini Westerm Digital sebagai produsen perangkat penyimpanan data memberikan panduan untuk Anda melindungi perangkat dana sambil tidak lupa melakukan backup data yang penting secara berkala.

    1. Simpan perangkat dalam tas pelindung khusus
    Saat ini sudah tersedia banyak sekali aksesori seperti tas pelindung untuk perangkat yang digunakan bekerja. Misalnya tas punggu yang memiliki kompartemen khusus untuk laptop dan dibuat agak tebal atau memiliki bagian depan yang keras. Tersedia juga laptop sleeve atau sarung kantong penyimpan laptop yang hadir dengan model hard case.

    Jangan pernah simpan laptop Anda begitu saja di dalam tas punggung karena laptop Anda tetap rentan dari gorean atau benturan saat tas terjatuh atau tidak sengaja terinjak oleh anak. Diimbau untuk menggunakan aksesori pelindung tambahan seperti sleeve material hard case sehingga tetap bisa masuk ke dalam tas.

    2. Selalu gunakan kata sandi
    Menjaga perangkat yang digunakan tetap aman tidak cukup untuk melindungi data digital Anda. Pengguna juga diimbau untuk tetap menggunakan kata sandi yang mengunci akses drive cadangan.

    Tujuannya untuk menghindari pencurian data apabila kondisi terburuknya adalah perangkat Anda rusak dan harus melakukan perbaikan atau dicuri. Hal ini sangat penting untuk diterapkan bagi kalangan profesional yang harus menyimpan rapat data perusahaan sehingga tidak diketahui umum maupun kompetitor.

    3. Manfaatkan fitur backup data di perangkat
    Gadget maupun laptop atau PC selalu menyediakan fitur backup data baik ke dalam perangkat memori yang terpasang atau layanan cloud. Aktifkan fitur ini dan pasang ke mode backup berkala. Jangan mengabaikan dukungan ini karena Anda tidak pernah tahu kapan gadget atau perangkat Anda rusak secara fisik atau menerima serangan siber.

    Apabila cara tersebut dinilai sulit atau mungkin membutuhkan konsumsi internet yang besar untuk karena ukuran data yang akan disimpan di layanan cloud, Anda juga bisa memanfaatkan perangkat penyimpanan data portabel.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id