Tips & Trik

    Daftar Layanan Video Conference Gratis untuk Belajar dan Bekerja dari Rumah

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Maret 2020 09:31 WIB
    Daftar Layanan Video Conference Gratis untuk Belajar dan Bekerja dari Rumah
    Ilustrasi.
    Jakarta: Pada hari Minggu, 15 Maret 2020, Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi untuk bekerja dari rumah (work from home) yang di dalamnya juga termasuk belajar dari rumah dan ibadah dari rumah. Artinya semua kegiatan akan mengandalkan koneksi internet dan layanan digital.

    Kemarin sore Menkominfo Johnny G. Plate juga menginstruksikan operator telekomunikasi untuk meningkatkan kualitas layanan internet demi menunjang kualitas koneksi yang stabil dan memadai. Misalnya, peningkatkan bandwidth atau kapasitas jaringan.

    Beberapa perguruan tinggi termasuk bisnis skala kecil dan menengah yang sudah mengadopsi teknologi terpaksa memberlakukan belajar atau rapat online. Mereka yang tidak terbiasa maka akan kebingungan. Diprediksi mereka akan mencari layanan yang mudah digunakan dan gratis.

    Berikut ini Medcom.id sudah merangkum beberapa aplikasi video conference yang mudah digunakan orang awam dan gratis untuk rapat online atau pembelajaran jarak jauh. Pengguna hanya butuh mengunduh atau mendaftarkan akun.

    1. Skype
    Aplikasi Skype merupakan aplikasi yang banyak ditemukan dan kadang hadir sepaket dengan sistem operasi Windows. Skype mudah digunakan dan mendukung antar perangkat karena bisa diakses di laptop, komputer (desktop), dan smartphone.

    Namun, layanan Skype hanya bisa digunakan dengan cara mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu alias bukan berbasis web via peramban internet (browser). Di dalamnya tersedia beberapa fitur mulai dari chat, audio chat, video, chat dan file sharing.

    2. Webex
    Webex adalah layanan video conference milik Cisco, perusahaan jaringan dan infrastruktur internet ternama. Layanan ini biasanya menargetkan pengguna kalangan enterprise atau perusahaan besar tapi juga cocok untuk kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

    Webex punya antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan di laptop, komputer, dan smartphone. Layanan ini juga bisa diakses dengan cara mengunduh aplikasi atau lewat browser internet apabila tidak ingin repot memasang atau instal.

    Di dalam Webex tersedia fitur chat, audio chat, video chat tapi tergantung jenis browser yang digunakan, file sharing seperti menampilkan slide Powerpoint, serta whiteboard yang interaktif.

    3. Discord
    Gamer mungkin sudah tidak asing dengan layanan Discord. Layanan voice chat dan video chat. Tampilan Discord memang lebih menarik dengan opsi komunikasi yang seperti sticker dan emoji yang lengkap dan khas gamer.

    Discord termasuk mudah digunakan dan bsia diakses lewat laptop, komputer, dan smartphone. Penggunanya juga bisa mengakses lewat apliaksi yang diunduh atau via browser di perangkat mereka.

    Sayangnya, fitur video chat hanya mendukung di peramban Google Chrome. Meksipun begitu fitur dasar dari Discord cukup lengkap seperti fitur berbagai file atau menampilkan slide Powerpoint.

    4. Microsoft Teams
    Layanan dari Microsoft ini termasuk sangat lengkap karena segmen penggunanya sudah di tahap yang akrab dengan teknologi. Meksipun begitu, Microsoft Teams termasuk yang memiliki tampilan atau antarmuka mudah digunakan.

    Kelebihan layanan ini adalah memiliki fitur yang lengkap dan terintegrasi langsung ke aplikasi Office 365. Jadi sudah mendukung produktivitas yang membutuhkan kolaborasi. Sayangnya untuk mengakses layanan Office 365 pengguna juga harus sudah berlangganan lisensi aplikasi di dalamnya.

    Semenjak pandemi virus Korona, Microsoft juga sudah menggratiskan layanan video conference untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Jadi fitur video conference tetap bisa digunakan tanpa berlangganan.

    5. Google Classroom
    Classroom dirancang untuk membantuguru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu guru seperti kemampuan membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa.

    Classroom juga dapat membuat folder Drive terintegrasi untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur. Layanan ini memiliki cukup banyak fitur termasuk terhubung ke layanan Google yang lain.

    Misalnya, fitur tanya jawab, integrasi dengan kalender, pengaturan waktu dalam pengerjaan tugas, integrasi ke Google Form untuk membuat kuis atau ujian, dan integrasi YouTube untuk pembelajaran audio visual.

    6. Google Meet
    Google Meet atau Google Hangouts Meet adalah aplikasi video conference
    atau online meeting versi bisnis yang dirancang khusus untuk organisasi atau perusahaan dalam berbagai ukuran.

    Beberapa fitur yang bisa digunakan di dalam Google Meet adalah dukungan maksimal peserta video conference hingga 100 orang, dapat digunakan di semua platform, berbagai dokumen atau presentasi, dan akses mudah hanya lewat tautan yang dibagikan.

    7. Zoom
    Aplikasi Zoom sangat sesuai untuk kegiatan pembelajaran jarka jauh. Tersedia dukungan untuk jumlah peserta belajar mengajar lebih dari 20 orang. Kemudian fitur conference tool bisa digunakan oleh setiap peserta, tidak hanya host atau admin.

    Beberapa fitur yang bisa digunakan adalah, chat/video chat, screen sharing dan whiteboard untuk kolaborasi, record meeting atau merekam sesi video conference, dan absensi peserta.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id