Tips & Trik

    Cara Ciptakan Kolase Foto di Instagram Stories Pakai Mode Layout

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Desember 2019 13:25 WIB
    Cara Ciptakan Kolase Foto di Instagram Stories Pakai Mode Layout
    Menciptakan konten kolase foto di Intstagram Stories. (Instagram)
    Jakarta: Semalam media sosial Instagram diam-diam merilis update baru yang menyediakan fitur di Instagram Stories bernama Layout. Fitur ini sebetulnya tidak benar-benar baru karena sudah pernah disediakan di aplikasi terpisah bernama Layout from Instagram.

    Mode Layout di dalam Instagram Stories memungkinkan penggunanya membuat konten Stories berisi kolase foto alias lebih dari satu foto. Jadi Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi penyuntingan foto lain untuk menciptakan kolase foto.

    Cara menggunakan mode Layout di Instagram sangat mudah. Berikut ini Medcom.id sudah merangkum cara menggunakannya. Anda bisa menggunakannya dengan foto yang baru atau memilih foto yang sudah ada di galeri.

    1. Masuk ke fitur Instagram Stories
    Pertama Anda cukup masuk ke antarmuka Instagram Stories. Di halaman utama pilih ikon di sudut kiri atas untuk masuk ke Instagram Stories. Di sini seperti biasa akan tersedia opsi mode atau jenis unggahan yang ingin diciptakan persis di bawah tombol capture.

    2. Menemukan mode Layout
    Melanjutkan langkah pertama tadi, geser pilihan opsi mode hingga menemukan mode Layout. Apabila sudah ketemu maka akan muncul ikon kecil berjajar yang merupakan pilihan bentuk kolase foto.

    Ada beberapa pilihan bentuk kolase foto yang bisa dipilih dengan menggeser ikon tersebut. Mode Layout punya pilihan enam bentuk kolase yang mendukung maksimal hingga enam foto sekaligus.

    3. Mengunggah foto ke kolase
    Mode Layout tidak hanya bisa mengunggah foto yang langsung diambil saat mengakses Instagram Stories menggunakan tombol capture. Anda juga bisa mengunggah foto yang ada di galeri tapi cara ini mungkin tidak disadari.

    Apabila mode lain di Instagram Stories mengharuskan Anda menyapukan jari dari bagian bawah tampilan ke atas untuk mengakses foto di galeri, di mode Layout caranya berbeda.

    Cara Ciptakan Kolase Foto di Instagram Stories Pakai Mode Layout

    Anda harus memiliki ikon di sudut kiri bawah yang bergambar foto dengan ikon plus berlatar warna biru muda. Ikon ini akan menyajikan foto-foto yang ada di galeri smartphone Anda. Ulangi cara ini untuk mengunggah foto dari galeri ke dalam kolase.

    Anda juga bisa memadukan dengan menekan tombol capture untuk memasukan foto yang baru saja ingin diambil dengan kamera smartphone via aplikasi Instagram.

    Apabila ingin mengganti mode Layout, cukup pilih ikon tanda back dengan ikon silang di dalamnya untuk kembali memiliki bentuk kolase.

    4. Mengatur posisi tiap foto di kolase
    Mode Layout di Instagram tidak memberikan kebebasan dalam mengatur posisi foto di kolase. Anda disediakan langkah untuk mengatur posisi foto berdasarkan urutan foto yang diunggah dari galeri atau diambil langsung via kamera aplikasi Instagram.

    Namun Anda bisa menggeser fokus foto di dalam kolase dengan menggerakan foto tadi menggunakan dua jari. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengubah pembesaran (zoom-in/zoom-out) dari foto tersebut.

    Apabila foto sudah diunggah berdasarkan bentuk kolase yang diinginkan maka kini Anda tinggal melanjutkan dengan menambahkan GIF, tulisan, maupun emoji atau stickers yang biasa dijumpai pada Instagram Stories kemudian unggah ke Stories akun seperti biasanya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id