Tips & Trik

    Ini 12 Tips Kerja Jarak Jauh

    Lufthi Anggraeni - 07 Oktober 2020 18:12 WIB
    Ini 12 Tips Kerja Jarak Jauh
    Dell Technologies membagikan 12 tips untuk mendukung metode kerja jarak jauh.
    Jakarta: Pandemi Covid-19 menyebabkan pekerja berbagai industri dengan kemampuan bekerja dari luar kantor harus melakukan pekerjaan mereka di rumah. Metode kerja jarak jauh mungkin bukan hal baru bagi pekerja di sejumlah industri.

    Namun pandemi mengharuskan perusahaan untuk melakukan persiapan lebih baik untuk dapat mendukung pekerja sehingga tetap dapat melakukan tugas mereka di rumah. Selain itu, riset terbaru Kantar menyebut bahwa 87 persen responden menyatakan perusahaannya tidak terburu-buru untuk kembali ke kantor.

    Metode kerja jarak jauh ini juga bukanlah hal baru bagi Dell, sebab pada tahun 2009 lalu, perusahaan asal Amerika Serikat ini meluncurkan program bertajuk Connected Workplace. Program ini memberikan kebebasan kepada pegawai untuk memilih gaya bekerja terbaik guna menyeimbangkan komitmen profesional dan pribadi.

    Program ini disebut Dell menjadi komponen penting dalam budaya kerja perusahaannya. Dan dari penerapan program tersebut, Dell Technologies membagikan pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya dalam menciptakan lingkungan kerja mobile, kolaboratif dan fleksibel ke dalam 12 tips berikut.

    Di bidang teknologi, Dell membagikan tiga tips:
    1. Perusahaan perlu mulai dengan strategi yang mengedepankan karyawan. Dan perusahaan perlu membuat profil pegawai sesuai dengan informasi yang diperoleh untuk mengetahui rangkaian aplikasi, data, dan perangkat yang dibutuhkan untuk tetap dapat produktif.

    2. Perusahaan juga perlu mengevaluasi rekam jejak teknologi yang digunakan saat ini untuk mengetahui apakah  teknologi tersebut membantu atau menghambat pekerjaan karyawan.

    3. Penting bagi perusahaan untuk mempermudah penggunaan TI, salah satunya dengan menyediakan layanan lebih cepat dan efisien via teknologi otomatisasi dan swalayan (self-service), sehingga pegawai dapat dengan mudah menggunakan TI.

    Sedangkan menyoal keamanan, sebagai salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan dalam membantu produktivitas pegawai untuk dapat bekerja dari berbagai lokasi tanpa risiko keamanan, Dell membagikan tiga tips lainnya.

    4. Perusahaan perlu menjadikan keamanan sebagai bagian utama dari strategi bisnis mereka, dengan pendekatan yang tangguh, cerdas, dan otomatis dengan sistem keamanan terintegrasi. Keamanan juga harus terhubung dengan manusia, proses, dan teknologi di perusahaan.

    5. Perusahaan juga perlu mengamankan seluruh aspek, dari infrastruktur ke aplikasi hingga sistem operasi. Perusahaan juga perlu merancang keamanan secara mendasar untuk memastikan penyederhanaan dan pengaturan infrastruktur TI dan kebijakan keamanan.

    6. Perusahaan juga perlu mengaktifkan perangkat kolaborasi dan komunikasi yang aman. Semua perangkat ini adalah  perangkat yang bisa dipakai dimana pun, kapan pun di perangkat apa pun, yang secara efektif  menyediakan kapabilitas konferensi dan kolaborasi, baik di kantor, rumah, atau saat sedang  bepergian. 

    Dan soal Sumber Daya Manusia, Dell juga menyebut perusahaan perlu membangun budaya yang mendukung fleksibilitas pegawai. Di sektor ini, Dell juga membagikan tiga tips lainnya.

    7. Perusahaan perlu bekerja sama dengan semua bagian organisasi saat membuat kebijakan. Dan perusahaan juga harus memastikan semua  protokol, kebijakan, proses, dan infrastruktur tersedia bagi seluruh anggota tim untuk memiliki  alat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. 

    8. Perusahaan juga perlu mempersiapkan dan membantu pemimpin perusahaan dengan informasi dan pelatihan untuk mendukung anggota tim, serta membantu mereka agar merasa lebih terhubung. Perusahaan juga perlu mendengarkan pegawai terkait pendukung efektivitas dan hal yang perlu ditingkatkan agar lebih produktif atau terakomodir di luar kantor.

    9. Perusahaan juga harus menjunjung tinggi komunikasi, termasuk panduan pendukung aktivitas bekerja dari rumah, VPN, perangkat konektivitas, platform, dan peralatan lainnya.

    Perusahaan juga perlu memperhatikan soal fasilitas, sebab sejumlah pegawai masih tetap datang ke kantor meski cara bekerja telah berubah, dan Dell turut memberikan sejumlah tips seperti berikut.

    10. Memberikan pegawai kebebasan dan pilihan di area kerja, sehingga tidak ada ruang yang identik.

    11. Mempertimbangkan cara populasi kantor terhubung dengan populasi virtual.

    12. Perusahaan juga perlu mengambil keputusan berdasarkan data.

    Dell  menyebut kombinasi dari semua pendekatan penting ini, yaitu teknologi, keamanan, sumber daya manusia, dan fasilitas, dalam program Connected Workplace menjadikan perusahaannya dapat merekrut dan mempertahankan talenta tenaga kerja terbaik.

    Selain itu, kombinasi tersebut juga diklaim Dell Technologies dapat melindungi kesehatan dan keamanan anggota tim, serta menyeimbangkan kebutuhan untuk membantu pelanggan dan perusahaan sehingga tetap dapat menjalankan bisnis.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id