Laporkan Aplikasi Mencurigakan di Play Store, Begini Caranya

    Cahyandaru Kuncorojati - 30 September 2019 13:34 WIB
    Laporkan Aplikasi Mencurigakan di Play Store, Begini Caranya
    Ilustrasi.
    Jakarta: Mengunduh aplikasi dari layanan toko aplikasi diklaim lebih aman dibandingkan mengunduh dari internet langsung menurut banyak pengamat. Meskipun demikian bukan berarti pengguna bisa dengan santai mencoba beragam aplikasi dan langsung mengunduhnya.

    Sistem operasi Android sebagai yang terpopuler menjadi ancaman bagi banyak serangan siber atau malware. Layanan Google Play Store juga tidak sepenuhnya aman. Beberapa kali, layanan ini diberitakan ditemukan banyak aplikasi palsu dan menyimpan malware yang bisa dimanfaatkan peretas.

    Tentu saja Google tidak bisa bekerja sendiri. Mereka mengharapkan penggunanya waspada. Misalnya, membaca deskripsi aplikasi yang akan diunduh terlebih dahulu atau bisa juga membaca ulasan pengguna lainnya. Aplikasi berbahaya bisa tampil menyerupai aplikasi asli.

    Apa yang harus dilakukan apabila menemukan aplikasi mencurigakan atau ternyata berbahaya setelah Anda mengunduhnya? Pertama, Anda bisa menghapusnya dengan segera dari perangkat Anda dan melaporkannya.

    Berikut ini Medcom.id merangkum panduan untuk melaporkannya kepada pihak Google.

    Laporkan Aplikasi Mencurigakan di Play Store, Begini Caranya

    1. Cara menemukan opsi melaporkan aplikasi
    Pertama, Anda harus berada di halaman deskripasi aplikasi tersebut di Google Play Store yang berisi opsi untuk mengunduhnya. Anda harus memilih ikon berupa tiga titik vertikal yang ada di sudut kanan atas tampilan layar.

    Nantinya akan muncul kotak dialog kecil berisi beragam opsi, di antaranya adalah membagikannya (share), masukan ke whishlist, dan terakhir ada flag as inappropriate untuk meminta Google mengulas laporan Anda.

    2. Lapor jenis keluhan terkait aplikasi
    Setelah melakukan langkah pertama, Anda akan disajikan tampilan layar yang berisi opsi jenis laporan yang Anda ingin sampaikan kepada Google.

    Misalnya aplikasi ini berisi konten dewasa, atau konten kekerasan, ujaran kebencian, atau mungkin penilaian yang kurang pantas dari Google.

    Anda juga bisa melaporkan aplikasi apabila konten di dalamnya melakukan plagiat atau meniru aplikasi lain. Setelah memilih beberapa alasan, masukan laporan Anda atau pilih submit.

    3.Membuat laporan lebih panjang dan lengkap
    Apabila Anda ingin membuat laporan lebih panjang, hal ini bisa dilakukan lewat layanan Google Play Store versi PC yang dibuka lewat peramban atau internet. Dengan cara yang sama, Anda bisa menyertakan laporan keluhan lebih panjang.

    Nantinya, apabila laporan Anda benar maka Google secara otomatis akan menghapus aplikasi tersebut dan memberikan laporan notifikasi kepada Anda.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id