Pertolongan Pertama Saat Ponsel Jatuh ke Air

    Lufthi Anggraeni - 12 November 2019 20:12 WIB
    Pertolongan Pertama Saat Ponsel Jatuh ke Air
    Begini langkah yang perlu Anda lakukan saat ponsel terjatuh ke dalam air.
    Jakarta: Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tidak terkecuali pada ponsel. Kecelakan ponsel jatuh ke dalam air menjadi salah satu kecelakaan yang paling dikhawatirkan oleh pengguna smartphone.

    Air memang dikenal sebagai musuh utama dari berbagai perangkat elektronik, terutama ponsel cerdas. Sebab, air bersifat sebagai penghantar listrik yang baik, sehingga kerap menyebabkan hubungan pendek pada komponen listrik.

    Sejumlah produsen memang telah berupaya membekali produk karya mereka dengan sertifikasi tahan air, meski tidak dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Untuk Anda yang memiliki ponsel tanpa sertifikasi ini dan mengalami kecelakaan, jangan khawatir. Lakukan langkah berikut untuk menanggulanginya.

    1. Segera matikan ponsel
    Memang sulit untuk bereaksi secara cepat saat insiden ini terjadi pada ponsel Anda. Namun Anda harus segera mengeluarkan ponsel dari air, nonaktifkan jika ponsel dalam kondisi aktif.

    2. Jangan hubungkan ke soket listrik
    Jika ponsel dalam kondisi nonaktif, jangan berpikir untuk mengisi daya baterai dengan menghubungkannya ke soket listrik. Sebab hal ini dapat memicu komponen listrik pada ponsel aktif, dan itu bukan ide yang baik!

    3. Jangan pencet tombol apapun
    Setelah ponsel dalam kondisi nonaktif, jangan sembarang menekan tombol pada ponsel, sebab hal ini berpeluang untuk mendorong air ke bagian komponen lebih dalam.

    4. Jangan guncangkan atau tiup ponsel
    Melakukan hal ini juga berpeluang untuk mendorong air masuk ke dalam bagian dalam ponsel lebih dalam. Juga jangan angin-angin ponsel dengan pengering rambut, sebab juga memiliki peluang yang sama seperti mengguncangkan atau meniup ponsel secara manual.

    5. Jangan panasi ponsel
    Panas berlebihan bukan akan memperbaiki ponsel, justru malah merusak atau bahkan memperparah kerusakan pada ponsel.

    6. Jangan gerakan ponsel terlalu banyak
    Hal ini ditujukan agar air tidak ikut bergerak sehingga mengurangi potensi air menyebar ke komponen ponsel lain, terutama bagian yang sebelumnya tidak terkena air.

    Setelah melakukan hal ini, Anda dapat membalut ponsel dengan handuk, atau cara terbaik adalah dengan membenamkannya di tempat penyimpanan beras dan diamkan selama dua hingga tiga hari.

    Sebab beras memiliki sifat menyerap air, sehingga dapat membantu menyerap dan mengeluarkan air dari bagian dalam ponsel. Selamat mencoba!



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id