comscore

Begini Cara Download Video di Twitter ke HP Android

Cahyandaru Kuncorojati - 12 Januari 2022 08:22 WIB
Begini Cara Download Video di Twitter ke HP Android
Ilustrasi.
Jakarta: Meskipun Facebook menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak dan Instagram serta TikTok populer lewat konten video singkat tapi Twitter masih tetap memiliki daya tarik terutama di Indonesia.

Twitter dikenal sebagai platform media sosial format microblogging yang mampu memberikan informasi sangat cepat alias real-time dengan topik yang ramai dibahas di dunia nyata.
Di Indonesia, fitur seperti Trending Topic di Twitter masih menjadi salah satu cara untuk mengetahui topik pembicaraan yang ramai di publik. Di sini Anda bisa menemukan konten seperti foto maupun video.

Saat Anda ingin membagikan sebuah informasi atau konten dari TikTok biasanya tersedia fitur share yang akan menyediakan tautan cuitan tersebut untuk bisa diakses orang lain.
 
Namun Anda mungkin lebih menyukai untuk mengunduh atau download konten tersebut sehingga bisa disimpan di smartphone. Berikut ini Medcom.id sudah membuat tips cara download video di Twitter ke smartphone Android.

Ada dua jenis cara yang bisa dipilih, menggunakan situs downloader sehingga tidak perlu memasang aplikasi atau dengan aplikasi bernama Download Twitter Videos di Google Play Store.

1. Download video di Twitter tanpa aplikasi
Buka situs www.savetweetvid.com dari peramban atau browser di smartphone maupun PC. Situs ini akan menyediakan kolom untuk Anda menaruh URL atau link dari cuitan (tweet) yang berisi video.

Kini Anda bisa membuka Twitter versi web atau dari aplikasi. Apabila Anda mengakses lewat Twitter berbasis web di browser, pada halaman cuitan (tweet) berisi video yang ingin di-download klik kanan pada informasi jam dan tanggal yang ada di bagian bawah video.

Pada kotak menu yang muncul pilih copy link. Kini kembali ke halaman situs www.savetweetvid.com dan salin (paste) di bagian kolom URL dan lanjutkan dengan klik tombol Download.

Anda akan dibawa ke halaman baru yang menyediakan pilihan resolusi video yang akan diunduh, pilih salah satu dengan mengklik tombol Download. Halaman baru di browser akan menampilkan video yang akan diunduh kemudian klik ikon tiga titik di sudut kanan bawah video.

Di langkah ini akan muncul kotak dialog berisi beberapa menu, pilih Download dan proses unduh akan dimulai. Anda hanya akan diminta memilih folder tempat menyimpan video yang diunduh.

2. Download video di Twitter menggunakan aplikasi
Aplikasi Download Twitter Videos bisa menjadi pilihan bagi pengguna Twitter di smartphone. Aplikasi ini tersedia dengan nilai bintag 4,7 di Google Play Store meskipun di dalamnya akan muncul iklan saat akan memulai proses download video.

Cara menggunakan aplikasi Download Twitter Videos sangat mudah. Saat aplikasi ini sudah terpasang Anda bisa langsung membuka aplikasi Twitter. Langkah pertama buka cuitan (tweet) berisi video yang ingin diunduh.

Pada halaman cuitan tersebut pilih ikon Share atau berbagi yang ada di sudut kanan bawah. Pada menu yang tampil pilih “Share Tweet via…” sehingga muncul deretan menu aplikasi yang bisa digunakan, di sini akan muncul pilihan ikon aplikasi Download Twitter Videos untuk digunakan.

Di dalam aplikasi Download Twitter Videos biasanya akan muncul satu jenis atau beberapa jenis pilihan download tergantung dari dukungan resolusi video yang tersedia. Anda bisa memilih salah satu dan proses download akan dimulai.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id