Tips & Trik

    Cara Nonton Live Streaming Gerhana Bulan Super Blood Moon

    Cahyandaru Kuncorojati - 26 Mei 2021 11:04 WIB
    Cara Nonton Live Streaming Gerhana Bulan Super Blood Moon
    Foto: Nasa



    Jakarta: Sesuai pengumuman sebelumnya dari badan LAPAN dan BMKG Indonesia bakal kebagian kesempatan untuk melihat fenomena alam langka yaitu Gerhana Bulan Total yang bakal terjadi di 26 Mei 2021 pada sekitar pukul 18.18 WIB. Fenomena kali ini akan berbeda karena Bulan akan terlihat berwarna merah.

    Fenomena langka Gerhana Bulan Total dengan warna merah ini disebut sebagai Super Blood Moon. Nama ini sesuai dengan bentuk fenomena yang terlihat yaitu Bulan akan terlihat lebih besar dan berwarna merah. Bagaimana fenomena alam ini terjadi?

     



    Gerhana Bulan kali ini terjadi saat Bulan berada dalam posisi atau jarak terdekat dari Bumi (Perigee) sehingga terlihat lebih besar dari biasanya. Posisi Bulan yang berada di dalam bayangan Bumi atau area Umbra tetap memungkinkan pantulan cahaya Matahari dari pantulan atmosfer Bumi menjangkau Bulan dengan warna merah.

    BMKG melakukan pengamatan di sejumlah kota atau wilayah di Indonesia menangkap proses Gerhana Bulan Total Super Blood Moon mulai dari fase awal, fase puncak, hingga fase akhir. 

    Masyarakat Indonesia yang tidak berkesempatan menyaksikan pengamatan langsung dengan BMKG tapi ingin tetap mendapatkan gambaran jelas bisa bergabung lewat sesi live streaming yang disediakan di situs BMKG dan tautan ke channel YouTube infoBMKG, berikut caranya:

    1. Buka situs BMKG di browser Anda atau klik tautan ini Pengamatan Gerhana Bulan Total - 26 Mei 2021 | BMKG.

    2. Di sini akan tersedia sejumlah pilihan tautan live streaming YouTube dari pengamatan Gerhana Bulan Total oleh BMKG.

    3. Pilih lokasi pengamatan yang ingin disaksikan, setiap kota berbeda tersedia tautan live streaming yang berbeda. Lokasi yang disediakan yaitu Malang, Yogyakarta, Dieng, Lembang, Ancol, dan Tangerang.

    Di bawahnya masih ada pilihan Kepahiyang, Padang Panjang, Medan, Deli Serdang,Aceh Besar, Manado, Palu, Gowa,Makassar, Alor, Kupang, Sumba Timur, Denpasar, Jayapura, Sorong, Ambon, dna Ternate.

    4. Klik judul video atau nama lokasi tadi untuk langsung menuju ke tautan YouTube.

    5. Apabila Anda tidak ingin terlewat maka klik tombol Set Reminder jadi Anda akan menerima notifikasi. Live streaming akan dimulai sejak pukul 13.40 WIB. 

    Fenomena alam Gerhana Bulan Total Super Blood Moon termasuk langka karena hanya terjadi setiap 195 tahun sekali. Di fenomenanya ini Bulan berada pada titik atau jarak terdekat dengan Bumi atau disebut sebagai posisi Perigee yaitu sekitar 357.316 kilometer, dikutip dari halaman Edukasi Sains Antariksa Lapan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id