Tips & Trik

    5 Alasan Beli Keyboard Eksternal Buat Laptop Selama WFH

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 Maret 2021 17:30 WIB
    5 Alasan Beli Keyboard Eksternal Buat Laptop Selama WFH
    Ilustrasi. (Getty Images)



    Jakarta: Sejumlah perusahaan maupun bisnis masih akan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah alias working from home (WFH) hingga di tahun ini melihat pandemi Covid-19 yang masih tinggi dan belum semua mendapatkan vaksin.

    Anda mungkin heran melihat sebagian rekan kerja mengunggah barang terbaru untuk mendukung produktivitas selama WFH yang salah satunya adalah keyboard padahal dia menggunakan laptop.






    Diketahui laptop sudah memiliki keyboard yang mencukupi lalu apa fungsinya menggunakan keyboard eksternal di laptop? Berikut ini Medcom.id merangkum keuntungan atau manfaat yang diperoleh dengan menggunakan keyboard tambahan pada laptop.

    1. Tidak ada rasa panas di jemari saat mengetik
    Laptop yang tipis umumnya punya sisi buruk yaitu ada rasa panas atau hangat yang terasa hingga ke bagian keyboard meskipun merek pembuat laptop menjanjikan sistem pendingin yang tercanggih.

    Melihat kegiatan bekerja dilakukan di rumah maka sangat besar kemungkinan laptop menyala atau digunakan lebih lama dibandingkan saat bekerja di kantor. Makanya dengan menggunakan keyboard eksternal justru jemari lebih nyaman bekerja dalam waktu yang lama.

    2. Bekerja semakin produktif dan mengurangi typo
    Typo atau salah ketik masih mungkin terjadi meskipun terbiasa menggunakan laptop. Contohnya, tangan tidak sengaja menyentuh area touchpad di mouse.

    Padahal dengan menggunakan keyboard eksternal dan tambahan aksesori mouse justru membantu kerja tetap produktif dan semakin nyaman. Keyboard eksternal juga memiliki deretan tombol numpad atau numerik di sisi kanan yang justru memudahkan bagi pengolahan atau input data berupa angka atau seperti Microsoft Excel.

    Apabila Anda melakukan desain grafis lewat laptop maka penggunaan mouse, bukan stylus, justru kegiatan akan semakin mudah meskipun hanya mengandalkan laptop saja.

    3. Posisi bekerja semakin nyaman
    Saat Anda menggunakan keyboard eksternal dan ditambah mouse maka ada jarak yang tersedia antara layar laptop dengan mata. Hal ini membuat posisi bekerja semakin nyaman dan mata tidak mudah lelah.

    Kondisi justru membuat Anda untuk mempertimbangkan membeli monitor komputer dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan layar laptop. Cukup berbekal kabel HDMI atau DisplayPort maka monitor bisa tersambung ke laptop Anda, kini mata lebih nyaman dan tidak mudah pegal saat harus virtual meeting yang berjam-jam.

    4. Keyboard eksternal lebih bersih
    Di masa pandemi Covid-19 kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan tangan termasuk benda di sekitar yang kerap disentuh, salah satunya keyboard laptop.

    Banyak tersedia keyboard yang mendukung fitur tahan air atau cipratan jadi tidak hanya aman saat bekerja sambil membawa minuman tapi mudah dibersihkan.

    Hal ini tidak bisa dilakukan pada keyboard laptop karena sebagian besar tidak memiliki fitur tahan cipratan air, komponen di balik keyboard juga rentan rusak apabila banyak debu yang menumpuk.

    5. Keyboard laptop bisa memiliki usia lebih panjang
    Penggunaan keyboard eksternal di laptop juga bisa membuat keyboard laptop lebih awet alis memiliki usia panjang. Diketahui bahwa keyboard sebagian laptop contohnya seri MacBook memiliki desain yang dikenal tidak awet alias cepat rusak.

    Pada sejumlah kasus, perbaikan keyboard laptop juga tidak murah terutama saat proses penggantian harus dilakukan seluruhnya bukan hanya beberapa tombol saja. Durasi perbaikan juga bisa sangat lama tergantung ketersediaan sparepart.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id