Tips & Trik

    Begini Cara Pakai Fitur Shopping di Instagram

    Lufthi Anggraeni - 27 November 2020 15:40 WIB
    Begini Cara Pakai Fitur Shopping di Instagram
    Berikut langkah untuk dapat mengaktifkan dan memanfaatkan fitur Shopping di Instagram.
    Jakarta: Instagram baru-baru ini secara resmi menghadirkan fitur Shopping kepada pengguna Instagram, khususnya di Indonesia, secara lebih luas. Fitur ini memungkinkan pengguna menunjukan produk bisnis via unggahan foto dan video umum serta Instagram Story.

    Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk memperkenalkan produk melalui fitur Cari & Jelajahi. Sementara itu, fitur Instagram Shopping memungkinkan pengguna umum untuk melihat detail produk pada halaman bisnis, hanya dengan mengetuk label di unggahan atau stiker produk.

    Fitur Instagram ini juga diharapkan mampu memberikan peluang bagi pebisnis yang ingin mengoptimalkan penjualan produk dengan menggunakan akun Instagram. Dan berikut cara yang perlu dilakukan pengguna sekaligus pemilik bisnis untuk mengaktifkan fitur ini.

    1. Konfirmasi kelayakan
    Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, bisnis Anda harus berlokasi di pasar yang didukung, memiliki produk yang memenuhi syarat, mematuhi perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan yang diterapkan oleh Instagram serta memiliki domain situs untuk berjualan.

    2. Mengubah akun menjadi akun bisnis atau kreator
    Setelah memiliki akun bisnis, Anda dapat menambahkan informasi bisnis relevan, seperti jam operasional, alamat bisnis, nomor telepon, dan tautan ke situs web. Untuk mengubah akun ke akun bisnis, akses profil dan ketuk menu dengan ikon tiga garis tersusun vertikal di sudut kanan atas.

    Kemudian ketuk Pengaturan, Akun, Beralih ke Akun Profesional, dan ketuk opsi Bisnis. Anda juga dapat mengikuti langkah untuk menghubungkan akun profesional ke Halaman Facebook terkait dengan bisnis. Setelahnya, tambahkan informasi detail seperti kategori bisnis dan informasi kontak, dan ketuk Selesai.

    3. Hubungkan akun ke halaman
    Untuk menautkan akun Instagram ke halaman Facebook, Anda perlu mengakses profil Instagram Bisnis, pilih Edit Profil, dan pada bagian Informasi Bisnis Publik, kemudian pilih Halaman. Selanjutnya pilih Halaman Facebook dari Halaman yang Anda hubungkan, atau Buat Halaman Facebook Baru untuk Anda yang tidak memiliki Halaman Facebook.

    4. Unggah Katalog Produk
    Instagram Shopping didukung oleh katalog produk. Ada dua cara menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Business Anda. Pertama adalah Pengelola Katalog, metode mandiri yang tersedia di Pengelola Facebook Business.

    Katalog adalah wadah penyimpan informasi tentang semua barang yang ingin diiklankan atau dijual melalui Facebook dan Instagram. Anda bisa menghubungkan katalog Anda ke berbagai jenis saluran iklan dan penjualan untuk menunjukkan barang Anda kepada orang lain, di antaranya Toko di Facebook dan Instagram, serta iklan dinamis.

    Kedua, Partner Platform Ecommerce yaitu integrasi melalui salah satu partner platform ecommerce Instagram yang telah bersertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce.

    5. Peninjauan Akun
    Setelah menghubungkan katalog produk ke Instagram dan katalog sudah diisi dengan produk, ajukan peninjauan akun. Peninjauan akun biasanya memerlukan waktu beberapa hari, namun terkadang membutuhkan lebih lama.

    Peninjauan akun bisa dilakukan dengan membuka profil Instagram bisnis, ketuk ikon tiga garis, pilih Pengaturan, lalu Daftar untuk shopping, kemudian ikuti langkah pengajuan peninjauan akun. Setelahnya, buka Belanja di Pengaturan untuk melihat status Anda setiap saat.

    6. Aktifkan Fitur Belanja
    Setelah akun disetujui, Anda dapat mengaktifkan fitur Belanja. Namun, jika fitur Belanja tidak muncul di Pengaturan, akun Anda mungkin masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui untuk memanfaatkan fitur Instagram Shopping.

    Untuk mengaktifkan fitur belanja Anda perlu membuka profil Instagram bisnis, ketuk tiga garis, pilih Pengaturan, lalu ketuk Bisnis, ketuk Belanja, kemudian pilih Katalog Produk yang ingin Anda hubungkan ke akun, setelahnya pilih Selesai.

    7. Sematkan Tanda Belanja
    Setelah fitur Belanja diaktifkan, Anda dapat menggunakan Tanda Belanja untuk menyoroti produk di foto dan video unggahan atau di Stories. Anda hanya perlu mengunggah konten seperti biasa, kemudian ketuk Tambahkan Foto, lalu tambahkan keterangan, ketuk Tandai Produk, pilih foto yang ingin ditandai, cari produk yang dimaksud, kemudian pilih produk dan ketuk Selesai, kemudian ketuk Bagikan.

    Selamat mencoba!

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id