Tips dan Trik

    Cara Hapus Unggahan Instagram yang Dikoleksi di Akun

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Februari 2020 18:30 WIB
    Cara Hapus Unggahan Instagram yang Dikoleksi di Akun
    Ilustrasi.
    Jakarta: Menemukan unggahan atau postingan di Instagram yang menarik, Anda bisa menyimpan konten tersebut lewat fitur Save dan Collection. Fitur ini membuat unggahan tidak perlu diunduh untuk disimpan.

    Semua tersimpan di akun Instagram Anda dan bisa dilihat kapan saja. Beberapa waktu lalu, Medcom.id sudah memberikan panduan cara menyimpan unggahan menarik dengan fitur Save dan Collection.

    Di fitur Collection, unggahan yang disimpan bisa dikeloka berdasarkan kategori yang Anda inginkan. Kini Anda mungkin ingin menghapus unggahan menarik di Instagram yang pernah Anda simpan. 

    Alasannya berbagai macam, mulai dari konten yang simpan adalah hasil repost atau bukan asli hingga alasan karena tidak menarik lagi. Hal ini bebas dilakukan, karena semua tersimpan di akun Instagram tanpa harus diunduh jadi tidak perlu takut memori perangkat tersedot.

    Berikut ini panduan untuk membuka unggahan yang disimpan di Collection dan menghapusnya, dikutip dari How to Geek.

    1. Masuk ke fitur Save
    Pertama, akses ikon tiga garis horizontal yang ada di sudut kanan atas tampilan akun Instagram. Nanti akan muncul kolom di sebelah kanan layar yang menyajikan beragam menu. Pilih menu Save di bagian bawah.

    Cara Hapus Unggahan Instagram yang Dikoleksi di Akun

    2. Halaman fitur Collection
    Setelah melakukan langkah pertama maka Anda akan disajikan halaman fitur Collection. Di sini akan tampil beragam kategori yang sudah dibuat untuk mengelola unggahan atau konten Instagram yang disimpan.

    Cara Hapus Unggahan Instagram yang Dikoleksi di Akun

    3. Cara menghapus konten atau kategori Collection yang sudah ada
    Kini cara menghapusnya cukup mudah. Pilih terlebih dahulu, mau menghapus unggahan satu per satu atau menghapus semua unggahan berdasarkan kategori Collection yang sudah dibuat. 

    Cara Hapus Unggahan Instagram yang Dikoleksi di Akun

    Sayangnya di Android tidak tersedia opsi untuk menghapus konten yang disimpan satu per satu.Hanya tersedia pilihan untuk menghapus kategori Collection yang dibuat artinya seluruh konten yang berada di kategori tersebut akan terhapus.

    Pilih kategori Collection yang sudah dibuat kemudian pilih ikon titik di sudut kanan kota menu yang muncul. Pilih manage atau kelola dan nantinya akan tampil halaman baru yang berisi menu Delete Collection.

    Cara Hapus Unggahan Instagram yang Dikoleksi di Akun

    Nantinya konten yang ada di kategori Collection yang sudah dibuat akan menghilang tapi mereka masih ada di daftar unggahan yang disimpan tapi belum dikategorikan. Apabila ingin menghapusnya permanan, buka unggahan yang sudah disimpan dan sentuh ikon save sehingga tidak lagi muncul di fitur Save dan Collection.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id