Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    Lufthi Anggraeni - 28 September 2020 12:08 WIB
    Pengalaman Menjajal ColorOS 11
    Oppo ColorOS 11 menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk menyesuaikan tampilan UI dengan preferensi.
    Jakarta: Oppo belum lama ini mengumumkan kehadiran versi beta ColorOS 11 yang dibangun berbasis Android 11. ColorOS 11 merupakan penerus dari ColorOS 7, dan mengusung angka 11 untuk menyesuaikan dengan penamaan Android yang mendasarinya.

    Pada ColorOS 11, Oppo menghadirkan sejumlah perubahan yang difokuskan untuk menghadirkan personalisasi lebih baik, sehingga tampilan antarmuka pengguna dapat disesuaikan dengan tingkat kesesuaian paling mendekati preferensi pengguna.

    Kustomisasi Layar
    Pada antarmuka pengguna terbaru karyanya ini, oppo memperkenalkan layout baru pada opsi kustomisasi yang dapat Anda akses via Settings dan Personalizations. Perubahan ini diklaim Oppo berasal dari umpan balik yang diterimanya dari pengguna setia Oppo dan ColorOS.

    Pada pengaturan Personalisasi, Anda dapat menemukan pengaturan untuk memilih tema, wallpaper, Always On Display, gaya ikon home screen, layout home screen animasi ikon pemindai sidik jari,warna aksen, ukuran layar dan font, bentuk ikon laci aplikasi, pencahayaan di tepi layar, dan nada dering.

    Masing-masing menu menawarkan berbagai opsi yang dapat dipilih untuk menyesuaikan dengan preferensi Anda. Pada menu tema, Anda disuguhi pilihan tema yang langsung dapat dimanfaatkan, juga tema lain yang dapat Anda unduh via Oppo Theme Store.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    Setiap tema juga didukung oleh wallpaper, font, gaya ikon home screen, aksen warna dan komponen lain senada. Dan pada menu Wallpaper, Anda dapat menciptakan wallpaper baru melalui hasil foto yang dipotret dengan kamera ponsel Oppo secara langsung, atau mengunggahnya dari foto yang tersedia di galeri.

    Dan ColorOS 11 akan secara cerdas menghasilkan wallpaper dengan warna aksen dan gaya selaras dengan warna di foto yang diunggah. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran huruf dan ukuran masing-masing tulisan, gambar, serta komponen lainnya saat ditampilkan di layar.

    Secara default, ColorOS 11 menyajikan tampilan dengan jenis huruf Roboto, ukuran huruf agak kecil, dan ukuran tampilan di layar medium. Namun, Anda dapat menyesuaikannya pada masing-masing komponen ukuran dan jenis huruf, serta ukuran tampilan di menu Settings, Personalization, dan Font and Display Size.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    Pada menu ini, Oppo juga memperkenalkan jenis huruf OppoSans pada ColorOS 11 dan di bawah nama ini, Anda akan menemukan keterangan Adaptive. Oppo mengklaim keterangan tersebut sebagai indikator bahwa sistem dapat menyesuaikan ketebalan huruf secara otomatis, berdasarkan konten yang ditampilkan di layar.

    Dan jika menggunakan OppoSans, Anda juga dapat menyesuaikan ketebalan huruf secara manual. Namun jika menggunakan Roboto atau jenis huruf lain yang diunduh dari Theme Store, Anda hanya dapat mengubah ukuran huruf dan tampilannya di layar.

    ColorOS 11 juga menyuguhkan pengaturan untuk menyesuaikan bentuk ikon dari laci aplikasi dan menu drop down. Melalui pengaturan ini, Anda dapat memilih satu dari enam opsi yang sudah disediakan oleh Oppo pada menu pengaturan.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    Oppo juga menambahkan pengaturan efek bercahaya di bagian tepi layar, bertujuan sebagai notifikasi saat menerima panggilan telepon atau notifikasi lain. Efek ini hanya dapat digunakan pada dua fungsi tersebut, namun Anda dapat menyesuaikan warna dengan memilih satu dari tiga opsi yang tersedia.

    Dengan mengaktifkan fitur ini, tepian layar ponsel akan bercahaya dengan alur dari bagian bawah kedua sisi dan menyatu di bagian atas, hingga panggilan telepon terputus. Personalisasi lainnya dihadirkan ColorOS 11 pada animasi saat sensor sidik jari selesai memindai, dan kunci layar terbuka, namun Anda tidak dapat menonaktifkan animasi ini, kecuali menonaktifkan fitur keamanan sidik jari tersebut.

    Dan pada pengaturan personalisasi layout home screen, Anda dapat menyesuaikan jumlah baris dan kolom jajaran menu ke dalam beberapa pengaturan, dengan pengaturan baris terkecil adalah empat, dan kolom terkecil adalah dua.

    Uniknya, pengaturan ini dapat langsung Anda lihat saat masih dalam proses penyesuaian pengaturan, dan belum mengaplikasikan perubahan tersebut. Hal ini berbeda dengan antarmuka pengguna lain ataupun generasi sebelumnya, yang baru akan ditampilkan setelah proses pengaturan selesai dan diaplikasikan pada perangkat.

    Gestur
    Keunikan lain yang dihadirkan ColorOS 11 adalah kemampuan untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot dengan mengusapkan tiga jari dari atas ke bawah. Antarmuka pengguna ini juga secara cerdas mendeteksi konten pada layar, sehingga Anda dimungkinkan untuk melakukan screenshot dengan tampilan layar secara keseluruhan yang membutuhkan gestur gulir.

    Gestur usap dengan tiga jari pada ColorOS 11 tidak hanya memungkinkan Anda melakukan screenshot, tapi juga melakukan penerjemahan pada teks atau gambar di tangkapan layar, tanpa perlu mengakses Google Translate. Hal ini dimungkinkan karena ColorOS 11 telah terintegrasi dengan Google Lens.

    Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda hanya perlu menahan tiga jari pada layar hingga muncul jendela screenshot sebagian, kemudian pilih teks atau gambar yang ingin diterjemahkan dan ketuk opsi terjemahkan. Hasil dari penerjemahan ini akan langsung muncul di layar ponsel.

    Nada Dering
    ColorOS 11 juga memungkinkan untuk menciptakan nada dering karya Anda, dengan menyesuaikan tempo musik via panel geser. Anda dapat menggeser ke arah kanan untuk tempo lebih cepat atau ke arah kiri untuk tempo lebih lambat, dan penyesuaian dapat Anda dengarkan secara langsung selama proses berlangsung.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    Pada menu Ringtone Maker di menu Settings dan Personalizations ini, Anda disuguhi empat pilihan nuansa musik, yaitu Simple, Vibrant, Thrilling, dan Relaxing. Setelah mendapatkan nuansa dan tempo nada dering sesuai keinginan, Anda dapat langsung disimpan.

    Oppo Relax
    Aplikasi bawaan ini sebenarnya telah diperkenalkan pada ColorOS 7, namun Oppo menghadirkan versi lebih baik, yaitu Oppo Relax 2.0 pada ColorOS 11. Aplikasi ini menyediakan audio terdiri dari suara alam secara gratis.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    Dan pada ColorOS11, Oppo Relax hadir dengan menu Explore, menampilkan empat kota besar dunia, yaitu Beijing, Tokyo, Bangkok, dan Reykjavik, yang memperdengarkan audio dari lingkungan sekitar di bagian tertentu dari kota tersebut.

    Anda juga dapat menyesuaikan tingkat kepadatan audio, seolah tengah berada di jalan yang diramaikan oleh banyak pejalan kaki.

    Dark Mode
    mode gelap atau Dark Mode bukan sudah bukan fitur asing bagi pengguna smartphone. Namun ColorOS 11 menawarkan perbedaan jika dibandingkan dengan mode gelap pada antarmuka pengguna karya vendor lain.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    ColorOS 11 menyediakan pengaturan yang memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat kepekatan warna gelap di Dark Mode tersebut. Oppo menghadirkan tiga tingkat kepekatan warna gelap, yaitu Enchanced, sebagai yang tergelap, Medium, dan Gentle.

    Tingkat kepekatan warna gelap pada opsi Gentle tampil menyerupai warna abu-abu lebih gelap, sedangkan opsi Medium serupa warna abu-abu tergelap yang mendekati warna hitam. Menu ini juga mengatur waktu mode ini mulai aktif dan non aktif secara otomatis, serta menyesuaikan dengan waktu pagi dan malam.

    Battery Guard
    ColorOS 11 juga dilengkapi dengan fitur Battery Guard yang berkemampuan untuk mempelajari kebiasaan pengisian daya pengguna. Battery Guard akan menghentikan proses pengisian saat daya mencapai kapasitas 80 persen di malam hari.

    Pengalaman Menjajal ColorOS 11

    kemudian, proses pengisian daya akan dilanjutkan hingga kapasitas daya baterai 100 persen saat mendeteksi aktivitas pada ponsel. Anda dapat mengaktifkan Battery Guard via Settings, Battery dan More Battery Settings, kemudian pilih opsi Optimized Night Charging.

    Sebagai informasi untuk gelombang pertama, ColorOS 11 baru tersedia pada smartphone Oppo Find X2, Find X2 Pro dan Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition. Sedangkan gelombang kedua yang dimulai pada 30 September, ColorOS 11 akan tersedia pada seri Reno 3 4G, Reno 3 Pro 4G, dan F17 Pro.

    Dan gelombang ketiga akan mulai didistribusi pada bulan November, ColorOS 11 akan tersedia pada smartphone Oppo Reno 4 5G dan Reno 4 Pro 4G. Di bulan Desember, antarmuka pengguna karya Oppo ini akan tersedia di Reno 4, F11, F11 Pro, F11 Pro Marvel’s Avengers Limited Edition, A9, A92, A72, dan A52.

    Smartphone Oppo Reno 10x Zoom, Reno 2, Reno 2 F, Reno 2 Z, Reno 3 Pro 5G, A91 dan F15 akan menerima update untuk ColorOS11 mulai kuartal pertama tahun 2021 mendatang.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id