Tips & Trik

    Cara Temukan Serial Number Windows 10 yang Hilang

    Cahyandaru Kuncorojati - 07 Juni 2021 13:56 WIB
    Cara Temukan Serial Number Windows 10 yang Hilang
    Ilustrasi.



    Jakarta: Sama seperti smartphone perangkat komputer maupun laptop juga bisa terasa agak cepat alias tidak lelet saat dilakukan rest factory atau juga dikenal sebagai install ulang. Caranya adalah dengan menghapus semua isi data dan aplikasi termasuk sistem operasi di dalam komputer atau laptop.

    Namun harus diketahui bahwa sistem operasi seperti Windows 10 berbeda dari Android. Windows 10 bisa dimiliki dengan cara membeli software tersebut sementara Android adalah sistem operasi open source alias gratis.

     



    Makanya ada bagian penting yang harus dicatat sebelum melakukan install ulang komputer atau laptop yaitu mengetahui dan mencatat serial number alias product key Windows 10 untuk kembali dimasukan saat melakukan install ulang.

    Serial number atau product key Windows 10 selalu tersedia apabila komputer atau laptop Anda menggunakan sistem operasi orisinal yang berbayar. Serial number atau product key akan digunakan saat aktivasi Windows 10 setelah melakukan install ulang.

    Apa akibatnya apabila tidak melakukan aktivasi Windows 10? Pengguna tidak bisa mengakses bagian personalisasi seperti mengubah warna tema dan wallpaper background desktop dan fitur lain yang sejenis. 

    Di layar laptop juga akan selalu muncul pesan untuk aktivasi Windows 10 yang tidak bisa dihilangkan dan mungkin cukup mengganggu bagi Anda yang ingin melakukan personalisasi tampilan laptop.

    Serial number atau product key biasanya selalu tersedia di kemasan penjualan software Windows 10 yang dibeli atau di dalam kotak penjualan laptop. Bagaimana jika serial number atau product key Windows 10 hilang?

    Jangan panik, sebelum melakukan install ulang Anda bisa mengetahui serial number atau product key Windows 10 yang terpasang di komputer dan laptop Anda dan mencatatnya.
    Berikut Medcom.id sudah membuat panduan cara menemukan serial number Windows 10 di komputer atau laptop:

    1. Di kolom pencarian yang ada di sebelah ikon Star pada taskbar ketik cmd dan akaun muncul beberapa hasil pencarian
    2. Pilih hasil pencarian paling atas yaitu Command Prompt. Klik kanan aplikasi tersebut sehingga muncul kotak menu kemudian pilih Run as Administrator.
    3. Aplikasi Command Prompt akan terbuka dan menyediakan baris untuk mengetikan kalimat perintah, Anda bisa copas atau pindahkan deretan perintah ini ke dalamnya: wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey
    4. Setelah itu tekan tombol Enter. Di halaman Command Prompt akan muncul deretan kombinasi angka dan huruf yang terdiri dari 25 karakter yang merupakan product key atau serial number Windows 10.
    5. Salin 25 karakter tersebut dan simpan di kertas atau catatan di smartphone. Anda akan diminta memasukkannya saat melakukan aktivitas Windows 10 setelah melakukan install ulang komputer atau laptop.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id