comscore

Tips Tokopedia untuk UMKM Tingkatkan Omzet

Lufthi Anggraeni - 08 Juni 2022 10:43 WIB
Tips Tokopedia untuk UMKM Tingkatkan Omzet
Tokopedia membagikan tips agar UMKM bisa meningkatkan omzet.
Jakarta: UMKM tidak dielakkan menjadi salah satu roda penggerak ekonomi utama di Indonesia. Karenanya, keberlangsungan UMKM menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh berbagai pihak terkait.

Sementara itu, Tokopedia mengungkap bahwa sejumlah penggiat UMKM lokal menyebut dibutuhkan strategi mumpuni untuk mempertahankan omzet bahkan untuk meningkatkannya. Karenanya, Tokopedia membagikan lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet.
1. Evaluasi dan Analisis Pasar
Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual dapat mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.

2. Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis
Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

3. Pertajam Strategi Promo
Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan. Tokopedia menyebut penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman.

4. Manfaatkan Gudang Pintar
Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang pintar dari layanan Dilayani Tokopedia yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.

Tokopedia menyebut layanan Dilayani Tokopedia ini ditujukan untuk membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi, sehingga pegiat UMKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha.

5. Pilih Pengiriman yang Sesuai
Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Tokopedia turut menyediakan layanan Dijemput Kurir memungkinkan pelaku usaha untuk menunggu pesanan diambil kurir.

Sedangkan Layanan Antar ke Kantor Agen mengharuskan pelaku usaha untuk mengantar pesanan ke agen pengiriman. Layanan AWB Otomatis dan Non-Tunai membantu pelaku usaha mencatat alamat, resi, serta ongkos pengiriman via mitra logistik secara otomatis.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id