Tips & Trik

    Begini Cara Amankan Akun WhatsApp Saat Ponsel Hilang

    Lufthi Anggraeni - 04 Mei 2021 16:45 WIB
    Begini Cara Amankan Akun WhatsApp Saat Ponsel Hilang
    Begini cara untuk mengamankan akun WhatsApp saat ponsel hilang atau dicuri, ataupun diretas.



    Jakarta: Kehilangan ponsel kini menjadi salah satu hal yang paling ditakuti masyarakat terjadi dalam hidup mereka. Sebab ponsel telah menjadi satu perangkat penting bagi masyarakat karena berisi berbagai aplikasi dan data, termasuk data sensitif.

    Salah satunya adalah WhatsApp yang kerap dijadikan alat penipuan saat dapat merebut akses dari ponsel cerdas, dan memanfaatkannya untuk menghubungi dan menipu kontak via percakapan di aplikasi, serta mencuri informasi penting seperti foto, email hingga akun bank.






    Karenanya, Anda perlu melakukan sejumlah tindakan untuk mencegah orang lain mengakses dan menyalahgunakan akun WhatsApp. Tidak hanya akun bisnis, sejumlah langkah ini juga dapat Anda lakukan untuk mengamankan akun pribadi.

    1. Blokir kartu SIM
    Saat akun menjadi korban dari pembajakan, Anda disarankan untuk menghubungi penyedia jasa layanan seluler kartu SIM sesegera mungkin untuk melakukan pemblokiran. Dengan demikian, orang lain tidak dapat melakukan verifikasi akun WhatsApp pada ponsel.

    Proses verifikasi ini dilakukan dengan menerima SMS atau telepon pada nomor ponsel yang aktif.

    2. Gunakan kartu SIM baru
    Anda juga dapat mendatangi gerai operator seluler untuk membuat kartu SIM baru namun dengan nomor telepon yang sama, ataupun nomor telepon lama. Kemudian, aktifkan kembali WhatsApp dengan nomor tersebut.

    Sebagai pengingat, WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu, yang secara otomatis membuat akses pada telepon lain dihentikan.

    3. Kirim email ke WhatsApp
    Anda juga dapat mengirimkan laporan via email ke [email protected], dengan judul atau subyek email Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya. Anda juga perlu menyertakan nomor telepon dalam format internasional pada badan email. Cara ini akan membuat akun WhatsApp tidak dapat digunakan.

    Sebagai pengingat, WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu, yang secara otomatis membuat akses pada telepon lain dihentikan.

    Namun perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang terjadi saat akun WhatsApp dinonaktifkan, salah satunya bahwa akun WhatsApp tidak sepenuhnya terhapus. Selain itu, pengguna lain juga masih dapat melihat profil WhatsApp Anda meski sudah dinonaktifkan.

    Meski telah dinonaktifkan, pengguna lain juga akan tetap dapat mengirimkan pesan ke WhatsApp Anda, namun pesan akan berstatus tertunda selama 30 hari. Pesan tertunda ini juga langsung saat Anda mengaktifkan kembali akun WhatsApp.

    Selain itu, akun WhatsApp juga akan dihapus dari sistem jika dalam kurun waktu 30 hari tidak diaktifkan kembali. Selamat mencoba!

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id