Tips & Trik

    Begini Cara Deteksi Akun Bot atau Palsu di Twitter

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Agustus 2020 16:36 WIB
    Begini Cara Deteksi Akun Bot atau Palsu di Twitter
    Ilustrasi.
    Jakarta: Anda mungkin berpikir media sosial Twitter tidak sekeren Instagram atau populer Facebook. Padahal Twitter menjadi media sosial yang cukup real-time dengan kejadian sehari-hari atau di dunia nyata.

    Misalnya, saat terjadi sebuah peristiwa maka hal tersebut juga akan dibicarakan di media sosial Twitter. Di Indonesia, Twitter masih jadi media sosial yang berpengaruh dalam membuat sebuah isu atau topik pembicaraan menjadi ramai alias viral.

    Meskipun begitu, tidak semuanya terjadi begitu saja secara natural. Di banyak kesempatan hal ini juga didorong oleh aktivitas akun Twitter bot alias palsu. Akun bot ini tidak dikendalikan langsung oleh manusia tapi diprogram oleh komputer yang dikontrol manusia.

    Tujuan akun bot bermacam-macam, mulai dari menebar hoaks (hoax) atau memanipulasi informasi hingga menggiring opini publik lewat media sosial. Hal ini yang membuat lembaga Network Science Institute di Indiana University membuat platform bernama Botometer.

    Botomer menggunakan kecanggihan machine learning yang sudah diprogram untuk mengecek aktivitas sebuah akun Twitter berdasarkan indikator tertentu dna hasil akhir atau ouput diberikan skor apakah akun ini bot atau tidak.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id