Tips & Trik

    Gampang, Begini Cara Bikin Channel YouTube Sendiri

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Juni 2021 07:25 WIB
    Gampang, Begini Cara Bikin Channel YouTube Sendiri
    Ilustrasi. (Shutterstock)



    Jakarta: YouTube masih menjadi platform menonton beragam konten video yang populer meskipun sejumlah media sosial seperti Instagram dan TikTok populer lewat format konten video singkat. YouTube sendiri juga sudah ikut menghadirkan konten serupa lewat fitur bernama Shorts.

    Meskipun begitu format video dengan durasi agak panjang tetap diminati di karena kontennya sangat menarik. Hal ini tidak terlepas dari content creator atau YouTuber yang berusaha menemukan ide dan tema menarik untuk konten mereka.

     



    Konten video YouTube yang menarik diberikan kesempatan untuk dimonetisasi alias bisa menjadi sumber penghasilan. YouTube yang merupakan milik Google menyediakan sistem monetisasi dengan layanan Google AdSense dengan syarat yang harus dipenuhi.

    Jadi iklan yang muncul di dalam video adalah bagian dari Google AdSense. Semakin banyak iklan di dalam video ditonton atau semakin sering video ditonton maka penghasilan yang diterima content creator semakin besar. Makanya sangat penting untuk membuat konten yang menarik.

    Anda mungkin berpikir untuk menciptakan konten video YouTube menarik harus punya kualitas gambar yang sangat bagus dan itu dihasilkan dari perlengkapan yang mahal. Padahal selama gambar cukup jelas, penyuntingan atau editing sederhana sudah mencukupi selama konten disajikan menarik atau bermanfaat alias dibutuhkan oleh penonton.

    Namun langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui cara membuat akun atau channel YouTube. Bagaimana cara membuat channel YouTube?

    1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google.
    2. Apabila belum memiliki akun Google. Masuk ke situs atau aplikasi YouTube, pilih Sign In atau masuk, dan pilih Create Google Account untuk terlebih dahulu membuat akun Google. Anda cukup ikuti langkahnya.
    3. Apabila Anda sudah memiliki akun Google, langsung masuk ke situs YouTube baik di browser laptop atau smartphone
    4. Pilih atau klik foto profil akun YouTube atau Google di sudut kanan atas tampilan situs YouTube
    5. Di menu yang muncul kemudian pilih Create Channel. Di sini Anda cukup mengikuti panduan langkah yang muncul, mulai dari membuat nama channel YouTube, deskripsi channel YouTube, dan foto profil yang muncul di channel YouTube.

    Kini akun channel YouTube Anda sudah siap. Anda bisa mengunggah video atau konten yang ingin dibagikan. Soal monetisasi atau memperoleh penghasilan dari YouTube, Anda bisa mengecek syarat dan ketentuan di yang akan disampaikan oleh Google di dalam proses pengaturan channel.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id