Kapan Pakai HDR di Kamera Ponsel?

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 Agustus 2019 13:35 WIB
    Kapan Pakai HDR di Kamera Ponsel?
    Mode HDR di antarmuka kamera smartphone.
    Jakarta: Semakin banyak fitur fotografi yang tersedia di smartphone. Misalnya, Nightscape, Bokeh, dan lain-lain tapi ada satu fitur yang sebetulnya sudah tersedia sejak lama untuk memperindah kualitas foto yaitu HDR. Fitur HDR biasanya tersedia langsung di antarmuka kamera smartphone.

    Selama ini mungkin banyak pengguna yang tidak mengetahui secara persis fungsi fitur HDR. Sebagian besar yang tidak sengaja mengaktifkan mode HDR atau berada di posisi Auto HDR mendapatkan proses pengambilan foto yang lama dibandingkan biasanya.

    Kamera smartphone terlihat mengambil foto sebanyak tiga kali tapi menghasilkan satu foto saja. Apa fungsi dari fitur HDR? HDR atau High Dynamic Range adalah fitur kamera yang juga sejak lama ada di kamera jenis DSLR.

    Fitur HDR membuat kamera menangkap foto dengan kontras warna yang tinggi, misalnya warna paling cerah dan warna paling gelap saat mengabadikan objek foto. Teknologi HDR kemudian menyatukan hasil foto tersebut untuk menghasilkan foto dengan kontras warna terbaik.

    Kapan Pakai HDR di Kamera Ponsel?
    Cara kerja mode HDR adalah menyatukan tiga foto dengan tingkat kontras yang berbeda.

    Cara kerja fitur ini adalah dengan menyatukan tiga buah hasil foto ke dalam satu foto. Tidak heran apabila proses pengambilan foto menggunakan fitur HDR yang aktif akan sedikit lebih lama tapi kualitas hasil fotonya akan lebih bagus ketimbang mode standar

    Meskipun begitu, fitur HDR juha harus digunakan dalam waktu atau momen yang tepat. Apabila tidak maka kualitas hasil foto bukan sekadar jelek juga aneh. Berikut ini Medcom.id mengutip Lifehacker mengenai momen menggunakan fitur HDR yang tepat.

    1. Saat mengabadikan foto lansekap
    Foto dalam mode landscape atau lansekap misalnya dengan posisi horizontal memungkinkan kamera smartphone menangkap lebih banyak objek foto di antaranya foto kondisi lingkungan atau bangunan serta langit. Biasanya sulit sekali bagi kamera untuk mendapatkan foto dengan tingkat kecerahan yan tepat.

    Dalam kondisi ini fitur HDR sangat bisa membantu pengguna mendapatkan warna hasil foto yang seimbang. Hasil foto dalam mode HDR biasanya mampu menyajikan warna kecerahan langit yang tidak terlalu terang tapi juga warna dari objek foto seperti bangunan atau lingkungan sekitar yang tidak terlalu gelap.

    2. Kondisi cahaya terlalu terang
    Cahaya memang membuat warna sebuah objek foto bisa lebih kuat dan bisa tertangkap kamera dengan mudah. Di sisi lain kondisi tersebut juga bisa menyebabkan bayangan yang sangat gelap pada objek foto, misalnya memfoto wajah seseorang yang terpapar cahaya matahari.

    Dari pada bingung meletakkan posisi fokus kamera untuk mendapatkan warna yang cerah. Mode HDR bisa diaktifkan untuk secara otomatis berusaha menghasilakn foto dengan warna serta tingkat kecerahan yang sesuai keinginan Anda.

    3. Kondisi minim cahaya atau backlight
    Dalam kondisi gelap, mode HDR juga bisa membantu pengguna menghasilkan foto yang terang dengan kualitas warna yang tetap indah atau memenuhi unsur estetika. Mode HDR juga bisa menjadi alternatif dari mode Nightscape atau Low-Light saat mengambil foto di malam hari.

    Kini, Anda telah mengetahui bahwa mode HDR bisa membantu mengambil foto dengan kualitas yang lebih baik dalam beberapa kondisi. Selanjutnya juga harus diketahui momen yang tidak dianjurkan untuk menggunakan mode HDR.

    1. Banyak objek bergerak
    Jangan menggunakan mode HDR untuk menangkap objek foto yang bergerak. Cara kerja kamera HDR akan menangkap objek yang bergerak dan menimbulkan efek blur atau berbayang.

    2. Objek foto berwana mencolok
    Mode HDR mempermudah proses pengambilan foto dalam kondisi sangat gelap maupun sangat terang. Namun saat ada warna yang sangat mencolok atau vivid pada objek foto maka kemungkinan besar warna tersebut akan terlihat menjadi luntur di hasil foto.

    3. Momen kontras yang tinggi
    Beberapa kondisi atau momen biasanya menawarkan kontras antara gelap dan cerah yang sangat tinggi. Dalam beberapa kesempatan momen ini juga bisa menghasilkan foto yang bagus. Apabila mode HDR dipaksakan dalam kondisi tersebut maka hasil foto yang dihasilkan justru bisa kurang menarik.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id