Lebih Kotor dari Kursi Toilet, Begini Cara Bersihkan Keyboard

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 November 2019 13:41 WIB
    Lebih Kotor dari Kursi Toilet, Begini Cara Bersihkan Keyboard
    Ilustrasi. (Flickr/Danny Nicholson)
    Jakarta: Smartphone bukan satu-satunya benda yang dianggap kotor karena selalu digenggam oleh tangan kita. Keyboard PC maupun laptop ternyata juga sama kotornya. Sebuah riset bahkan mengklaim keyboard lebih kotor dibandingkan kursi toilet.

    Sebuah studi yang dilakukan organisasi It bernama CBT Nuggets mengungkapkan keyboard bisa 20.000 kali lebih kotor dibandingkan kursi toilet duduk. Studi ini menemukan 3.543.000 bakteri pada tiap inci persegi di keyboard sama seperti yang ditemukan di toilet.

    Bakteri ini mungkin tidak terlihat tapi hal tersebut mungkin menjelaskan apabila Anda memiliki sedikit gangguan kesehatan hanya dengan bekerja di depan komputer atau laptop.

    Melihat hasil studi tersbeut muncul kesadaran bahwa perangkat keyboard juga wajib dibersihkan. Ditambah melihat kebiasaan sebagian penggunanya yang kerap makan atau minum bahkan melakukan hal lain sambil menyentuh keyboard.

    Berikut ini Medcom.id memberikan panduan untuk membersihkan keyboard dengan benar tanpa merusak perangkat tersebut, terutama pengguna keyboard gaming.

    1. Cabut dari komputer
    Keyboard termasuk perangkat elektronik karena di dalamnya terdapat papan rangkaian listrik, khususnya dengan backlit. Jadi, disarankan untuk mencabut keyboard dari komputer agar tidak ada aliran listrik yang menyala untuk menghindari konslet.

    2. Bersihkan dengan cara kering dan basah
    Proses membersihkan keyboard bisa dilakukan dengan cara kering dan basah. Gunakan kain kering kering yang seidkit bertekstur dan sikat seperti sikat gigi untuk membersihkan bagian atas keycap.

    Area di bawah keycap bisa menggunakan alat penyedot debu atau kompresor untuk meniupkan angin. Jadi tidak ada debu atau remah seperti sisa makanan yang tertinggal di dalam dan bsia mengganggu switch dari keycap.

    Pada keyboard gaming biasanya keycap bisa dicabut dan dipasang kembali. Jadi proses pembersihan bisa lebih baik. Demi semakin bersih, lanjutkan dengan cara membersihkan menggunakan kain basah yang tidak terlalu basah.

    Beberapa cara membersihkan basah juga dianjurkan menggunakan cairan alkohol steril sehingga dapat membunuh kuman. Dianjurkan agar keyboard tidak menjadi terlalu basah.

    Apabila anda memiliki keyboard tahan air, maka diperbolehkan menuangkan sedikit air saat membersihkannya. Dicatat, menuangkan atau mempercikan sedikit air dan bukan mencelupkannya ke dalam air.

    3. Gunakan keyboard saat sudah kering seluruh permukaannya
    Apabila proses membersihkan sudah selesai pastikan Anda menggunakan kembali keyboard tersebut saat sudah kering. Proses pengeringan bisa menggunakan angin atau menggunakan kain yang menyerap cairan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id