Tips & Trik

    Berencana Beli Laptop? Cek Jenis Penyimpanannya

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 Juli 2020 15:59 WIB
    Berencana Beli Laptop? Cek Jenis Penyimpanannya
    Ilustrasi.
    Jakarta: Saat membeli laptop biasanya banyak sekali spesifikasi yang harus dipertimbangkan selain desian luar yang menarik dan ukuran layar termasuk apakah sudah menggunakan prosesor terbaru sehingga performanya dijamin kencang.

    Padahal ada beberapa bagian yang lain juga harus diperhatikan yaitu storage alias perangkat penyimpanan data di dalamnya. Jenis storage yang digunakan sebenarnya juga ikut berpengaruh terhadap kecepatan laptop saat digunakan.

    Menurut berbagai sumber yang dikumpulkan, tidak kurang ada tiga jenis utama storage yang dipasang di laptop yaitu hard disk drive (HDD), solid state drive (SSD), dan solid state hybrid drive (SSHD). Apa perbedaannya dan mana yang lebih baik untuk laptop?

    1. Bentuk dan ukuran
    HDD dan SSD hadir dengan beberapa jenis ukuran yang berpengaruh terhadak ketebalan dan bobot dari laptop. HDD punya ukuran standar 7mm dan 15mm sementara SSD hanya tersedia di ukuran ketebalan 7mm. Tidak heran apabila laptop tipis lebih banyak hadir dengan storage jenis SSD.

    2. Kapasitas dan Harga
    HDD dikenal menyediakan kapasitas penyimpanan data yang besar sementara berbeda dari SSD yang ukurannya lebih kecil. Menyoal harganya HDD dipasarkan lebih murah sementara SSD yang kapasitas lebih kecil justru lebih mahal. Kenapa? Jawabannya berkaitan degan performa alias kecepatannya.

    3. Kecepatan
    Kecepatan sebuah perangkat penyimpanan data ikut menentukan kecepatan laptop yang Anda gunakan. Storage biasanya hadir dengan spesifikasi teknis kecepatan baca dan tulis. Kami akan menjelaskannya dengan mudah.

    Kecepatan baca bisa dipahami sebagai kecepatan laptop Anda membaca atau membuka aplikasi atau data yang ingin digunakan. Kecepatan tulis diartikan sebagai seberapa cepat perangkat storage untuk menuliskan atau menyimpan data.

    Industri perangkat penyimpanan sudah mengenal fakta bahwa HDD menawarkan kecepatan yang lebih rendah dibandingkan SSD. Makanya tidak heran apabila SSD punya harga yang lebih mahal dari HDD meskipun kapasitas penyimpanannya lebih kecil.

    4. Bagaimana dengan SSHD?
    Di penjelasan sebelumnya bisa dipahami bahwa HDD menawarkan kapasitas penyimpanan data yang besar dan berpengaruh terhadap harga laptop yang lebih terjangkau. SSD menawarkan performa yang sangat cepat tapi dibanderol lebih mahal dengan kapaitas penyimpanan juga lebih kecil.

    Bagaimana dengan SSHD? Jenis storage ini merupakan perpaduan keduanya. SSHD menyediakan kapasitas penyimpanan data yang hampir sejajar dengan HDD dan kecepatan yang juga hampir sekencang SSD.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id