Tips & Trik

    Cara Hemat Kuota Internet Saat Zoom

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 September 2020 22:00 WIB
    Cara Hemat Kuota Internet Saat Zoom
    Ilustrasi.
    Jakarta: Aplikasi Zoom menjadi populer sejak pandemi karena banyak dipilih orang untuk rapat atau belajar jarak jauh. Hal ini juga didukung oleh aplikasi ini punya tampilan yang mudah digunakan oleh siapapun.

    Meksipun begitu biasanya komunikasi menggunakan Zoom tidak berlangsung sebentar. Bagi mereka yang mengandalkan internet dari hotspot atau tethering ponsel alias bukan WiFi maka akan cemas atau takut kuota internet mereka tersedot oleh komunikasi video Zoom.

    Padahal ada beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet yang terpakai Zoom, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan.

    1. Jangan aktifkan video saat tidak terlalu dibutuhkan. Apabila Anda hanya memperhatikan peserta lain sebagai pembicara utama maka sebaiknya matikan video Anda sendiri serta nonaktifkan video peserta yang lain.

    Pihak Zoom di situs resmi juga menyarakan langkah ini, dengan tidak begitu banyak video yang tampil maka kuota internet yang tersedot tidak akan besar.

    2. Kembali ke layar utama atau home screen di smartphone. Biasanya aplikasi Zoom atau meeting Zoom yang berlangsung tetap berlangsung dan hanya terdengar audionya, jadi Anda tidak akan meninggalkan sesi Zoom.

    Cara ini juga dibagikan oleh aplikasi Zoom tapi dengan catatan bahwa Anda mungkin akan terlewatkan presentasi yang disajikan oleh peserta yang berbicara.

    3. Matikan mode kualitas video HD. Tentunya kualitas resolusi video akan menurut tapi selama menurut Anda gambarnya masih jelas maka silahkan lakukan cara ini.

    4. Jangan gunakan screen sharing atau berbagi tampilan layar. Peserta maupun penyelenggara meeting Zoom bisa menggunakan cara lain dengan lebih dulu membagikan material presentasi dalam bentuk soft copy lewat email dan akan dibahas bersama-sama sambil video conference.

    5. Matikan mikrofon Anda saat tidak ingin berbicara sehingga aplikasi Zoom tidak akan mendengar suara Anda dan mengirimnya ke meeting yang berlangsung.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id