comscore

Ini Tips Pilih Keyboard Eksternal untuk Laptop

Cahyandaru Kuncorojati - 17 Januari 2022 11:15 WIB
Ini Tips Pilih Keyboard Eksternal untuk Laptop
Ilustrasi.
Jakarta: Keyboard merupakan aksesori penting dan pelengkap sebuah komputer desktop atau PC. Namun selama pandemi COVID–19 banyak dari pengguna laptop yang ikut menggunakan aksesori tersebut atau bisa disebut sebagai keyboard eksternal.

Alasannya beragam, mulai dari menjaga agar keyboard laptop tetap awet hingga demi kenyamanan meja kerja di rumah bagi mereka yang work from home. Keyboard eksternal atau yang biasa digunakan untuk komputer memang berbeda dari keyboard laptop.
Perbedaan paling mendasar biasanya di pengalaman mengetik. Keyboard untuk komputer biasanya punya pengalaman tactile atau ketukan yang lebih nyaman dari laptop keyboard. Ukurannya juga banyak tidak harus lebar, ada juga yang ringkas.

Medcom.id sudah merangkum tips memilih keyboard eksternal untuk laptop.

1. Gaya bekerja
Memilih keyboard juga mirip dengan memilih baju, tentukan gaya berkerja atau menggunakannya. Apabila Anda juga seorang gamer di waktu luang maka Anda mungkin memilih keyboard gaming yang menyediakan lebih banyak fitur sekaligus kenyamanan.

Bagi yang membutuhkan untuk bekerja maka banyak tersedia pilihan keyboard yang juga fokus ke kenyamanan pengguna tapi lebih memprioritaskan fitur untuk produktivitas.

Contohnya, keyboard gaming jarang menyediakan numpad di sisi kanan. Bagi pekerja mungkin fungsi tombol numpad sangat membantu dalam input data atau kalkulasi.

2. Switch atau keystroke
Switch adalah komponen yang ada di bawah tombol keyboard sementara keystroke diartikan sebagai pengalaman mengetik atau saat menekan tonbol. Keyboard saat ini menawarkan switch untuk pengalaman berbeda.

Ada switch yang menyediakan pengalaman mengetik seperti menggunakan mesin ketik serta hadir dengan bunyi klik atau ketukan yang nyaring. Pengalaman ini mungkin menyenangkan tapi Anda juga takut suara bisingnya mengganggu sekitar.

Makanya tersedia keyboard yang menawarkan fitur switch senyap alias tidak bising. Tidak cuma itu ada juga switch yang responsif, jadi pengguna tidak harus menekan tombol sangat dalam agar input muncul di layar. Jenis tersebut cocok untuk mereka yang mengetik dengan cepat tapi takut typo.

3. Kompatibilitas
Saat membeli keyboard pastikan Anda juga mengecek kompatibilitas dengan sistem operasi laptop, Windows atau MacOS bahkan Linux. Hal ini penting untuk memastikan bahwa beberapa fitur bawaan juga bisa berfungsi, jadi produktivitas semakin maksimal.

4. Konektivitas
Hal ini juga tidak kalah penting karena ikut menentukan kenyamanan penggunaan dan ruang meja kerja. Model keyboard wireless alias tanpa kabel biasanya menggunakan USB dongle berbasis Bluetooth sehingga tidak ribet namun mengandalkan baterai.

Keyboard dengan konektivitas kabel mungkin lebih rumit karena ada kabel yang harus Anda atur supaya tidak terbelit atau berantakan namun pengguna tidak harus pusing kapan waktu mengganti baterainya.

5. Desain dan tombol fungsi tambahan
Keyboard saat ini juga hadir dengan desain ringkas yang tanpa numpad maupun lebar dengan semua tombol lengkap. Desainnya juga kini lebih menarik dengan ragam pilihan warna hingga keycap atau tombol yang bisa diganti sehingga pengguna bisa membuat kreasi tampilan sendiri.

Beberapa merek keyboard juga menyediakan tombol fungsi tambahan, misalnya untuk mengatur volume suara atau scroll halaman hingga tombol pintas yang bisa diatur ke aplikasi atau fungsi lainnya.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id