Tips & Trik

    Ini Aplikasi yang Cocok untuk Silaturahmi Virtual

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Mei 2020 12:58 WIB
    Ini Aplikasi yang Cocok untuk Silaturahmi Virtual
    Ilustrasi.
    Jakarta: Hari Raya Idul Fitri atau momen Lebaran akhirnya tiba namun kegiatan silaturahmi tetap harus ditunda dahulu. Pandemi Covid-19 atau virus Korona belum selesai jad sebaiknya kegiatan tersebut ditunda demi menjaga kesehatan masing-masing.

    Meskipun demikian teknologi saat ini masih memungkinkan Anda melakukan silaturahmi digital. Caranya dengan menggunakan aplikasi video conference atau video call yang sudah sering kita gunakan selama imbauan bekerja dan belajar dari rumah.

    Medcom.id mengumpulkan beberapa aplikasi video conference yang cukup bersahabat bagi pengguna awam, di antaranya adalah Zoom, WhatsApp, dan Line. Aplikasi yang mana yang cocok?

    1. Zoom
    Aplikasi Zoom belakang memang sangat terkenal, tidak hanya karena rajin digunakan banyak orang tapi juga sempat didera beragam masalah keamanan siber. Beruntungnya saat ini aplikasi tersebut sudah cukup aman.

    Aplikasi Zoom bisa digunakan gratis tapi dengan durasi 40 menit. Jumlah peserta video conference atau video call yang bisa ikut di dalamnya bisa mencapai 100 orang. Aplikasi ini hadir di versi mobile atau smartphone dan PC atau laptop.

    Namun mengingat Anda akan bersilaturahmi virtual dengan orangtua atau saudara yang usianya bukan termasuk tingkat literasi digitalnya tinggi, maka kemungkinan besar akan menggunakan aplikasi Zoom di smartphone. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS.

    Di smartphone, aplikasi Zoom tetap bisa menghubungkan Anda dengan banyak saudara-saudara tapi tampilannya mungkin terbatas. Di layar utama akan selalu muncul peserta yang sedang berbicara. Kemudian di layar kedua dan seterusnya dengan menggeser ke kanan akan muncul video dari peserta yang lain.

    Aplikasi Zoom di smartphone hanya bisa menampilkan empat video peserta sekaligus, jadi Anda harus menggesar tampilan layar ke kanan untuk melihat peserta lainnya. Berbeda apabila Anda mengaksesnya di PC atau laptop maka bisa terlihat semuanya tapi dalam ukuran sangat kecil.

    Zoom juga menyediakan opsi untuk mengganti latar foto dengan wallpaper yang unik termasuk video yang juga bisa Anda upload sendiri.

    2. WhatsApp
    Aplikasi WhatsApp digunakan banyak orang termasuk mereka yang tingkat literasi digitalnya terbatas. Jadi Anda mungkin lebih menyukai melakuakn video call dengan aplikasi ini ditambah aplikasi WhatsApp masih lebih ringan dari Zoom maupun LINE.

    Video call di aplikasi WhatsApp tidak memiliki batas durasi karena tergantung dengan ketersedia kuota data Anda dan bisa semakin panjang dabn lebih baik kualitasnya apabila tersambung ke WiFi. Aplikasi ini juga punya antarmuka dan cara menggunakan yang mudah.

    Berbeda dengan Zoom, aplikasi WhatsApp hanya bisa mendukung video call hingga delapan orang saja. Semuanya bisa tampil bersama dalam satu layar sehingga lebih mudah dilihat dan berinteraksi.

    3. LINE
    Aplikasi LINE lebih populer di kalangan generasi muda karena menyediakan fitur messernger seperti WhatsApp sekaligus media sosial. Beberapa waktu lalu aplikasi tersebut melakukan update di fitur video call dengan mendukung jumlah peserta lebih banyak dari Zoom.

    LINE mendukung group video call hingga 200 peserta sekaligus. Tentu saja tidak bisa semua nya tampill sekaligus di satu layar. Pengguna bisa memilih untuk melihat wajah atau video siapa yang tampil untuk disaksikan. Namun di satu layar bisa disajikan empat video sekaligus.

    Menariknya, video call di LINE sejak lama mendukung fitur efek filter wajah dengan beragam desain menarik dan lucu. Hal ini bisa menambahkan keseruan saat melakukan video call agar sesama pengguna tidak kehabisan bahan obrolan.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id